Revitalisasi Pasar Parakanmuncang Sumedang Belum Dieksekusi, Wabup Jelaskan Alasannya

SUMEDANGPasar Parakanmuncang yang berlokasi di Desa Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang masih terlihat kumuh.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, Pasar Parakanmuncang, Cimanggung sebelumnya sempat direncanakan akan revitalisasi sekitarnya 2017 hingga 2018 lalu.

Akan tetapi, sampai sekarang kondisi Pasar Parakanmuncang, Cimanggung terlihat masih dalam kondisi yang sama alias belum ada perubahan, ditambah dengan sampah yang menumpuk di area depan membuat tampilan terkesan kumuh tak terawat.

Terkait revitalisasi pasar tersebut, Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan mengaku, perencanaan tersebut sudah disiapkan sejak lama.

“Kita kan sudah lama, sudah ada dalam perencanaan. Bahkan sebenarnya dari pusat pun sudah menyiapkan anggaran untuk penataan pasar Cimanggung ini,” kata Erwan di Cimanggung, Senin (3/1).

Kendati demikian, Erwan berujar, sampai sekarang yang menjadi faktor molornya revitalisasi Pasar tersebut dikarenakan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang kesulitan untuk menyediakan lahan sementara bagi para pedagang.

“Cuman saat ini kita kesulitan untuk relokasi sementara para pedagang yang ada di pasar Cimanggung,” ujarnya.

Erwan menuturkan, harapannya dalam revitalisasi Pasar Parakanmuncang, Cimanggung dapat direalisasikan supaya tidak kumuh.

“Saya berharap nanti dinas terkait, Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) dan UKM (Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah) Kabupaten Sumedang segera mencarikan solusi,” imbuhnya.

“Segera mencarikan tempat relokasi sementara para pedagang ini, sampai nanti terbangunnya pasar Cimanggung yang semi modernlah minimal,” tambahnya.

Erwan berharap, revitalisasi Pasar Parakanmuncang, Cimanggung yang sudah direncanakan namun belum juga dieksekusi ini dapat terselesaikan dengan target sebelum masa jabatannya habis.

“Saya berharap sebelum saya dan pak Bupati (Sumedang) selesai masa jabatan, semua permasalahan di Sumedang ini selesai,” ucapnya.

Sementara itu, selain persoalan Pasar Parakanmuncang, Cimanggung yang kumuh dan belum juga direvitalisasi meski perencanaam sudah sempat dilakukan, Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) pun ikut jadi sorotan Erwan.

Menurutnya, untuk penempatan TPSS Pasar Parakanmuncang, Cimanggung perlu secepatnya diupayakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang dalam memindahkan lokasi TPSS.

Diketahui, keberadaan TPSS Pasar tersebut terbilang kurang baik, sebab lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga serta berada di bahu jalan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan