Ciri-Ciri Penyakit Kanker Yang Sering Luput Dari Perhatian

JAKARTA – Menjalani pola makan dan gaya hidup sehat adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya penyakit kanker. Namun kadang orang tidak sadar bila dirinya sudah terjangkit kanker karena tidak menyadari ciri-ciri penyakit tersebut.

Kanker adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat munculnya sel-sel abnormal dalam jaringan tubuh yang tidak terkendali. Selain dapat memicu berbagai komplikasi, kanker bisa menyebabkan kematian pada pengidapnya.

Ada berbagai jenis kanker yang bisa dialami oleh pengidapnya. Jenis kanker akan ditentukan dari bagian tubuh atau organ tubuh yang pertama kali memiliki sel kanker. Kondisi ini membuat gejala dari penyakit kanker berbeda disesuaikan dengan jenisnya. Namun, ada beberapa ciri-ciri penyakit kanker yang umum dialami oleh pengidap kanker.

Penyebab utama dari kanker adalah adanya perubahan atau mutasi genetik pada DNA dalam sel. Kondisi ini bisa membuat sel berkembang tidak normal dan tidak terkendali.

Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti apa penyebab perubahan atau mutasi DNA pada sel, tetapi ada beberapa faktor yang dinilai meningkatkan risiko ini, seperti usia lanjut, pola makan tidak sehat, gaya hidup kurang baik, riwayat keluarga, lingkungan tempat tinggal, hingga riwayat kesehatan.

Gejala kanker akan dialami berbeda-beda yang disesuaikan dengan jenis kanker yang dialami. Namun, ada beberapa gejala yang akan dialami serupa.

Berikut adalah ciri-ciri penyakit kanker yang kadang tidak kita sadari, seperti dikutip dari halodoc.com yaitu :

1. Penurunan Berat Badan Tiba-Tiba

Jika kamu mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit dan tanyakan langsung pada dokter penyebab keluhan kesehatan yang kamu alami. Apalagi jika kamu mengalami penurunan berat badan dengan jumlah angka yang cukup besar. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda penyakit kanker.

2. Lelah

Rasa lelah yang dialami oleh pengidap kanker akan dirasakan berbeda dengan lelah setelah beraktivitas seharian. Lelah yang dialami akan terasa parah dan tidak dapat diatasi dengan beristirahat.

Kelelahan yang parah bisa menjadi ciri-ciri penyakit kanker. Hal ini disebabkan sel kanker berkembang dengan menggunakan nutrisi dalam tubuh. Kondisi ini membuat tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sehingga kamu akan merasa kelelahan terus menerus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan