Banjir Setinggi 1,5 Meter Terjang Purwakarta

PURWAKARTA – Banjir setinggi 1,5 meter menerjang pemukiman warga di RW 09 Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat pada hari Jumat sore (17/12/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah memprediksi bahwa curah hujan akan tinggi, disertai angin kencang dan petir yang akan terjadi di beberapa kota di Indonesia, terutama di Jawa Barat.

Tingginya curah hujan inilah yang membuat kali yang ada di lingkungan RW 09 meluap dan membanjiri pemukiman warga.

Banjir paling parah terjadi di RT 24 karena ketinggiannya mencapai 1,5 meter. Yang langsung menggenangi rumah-rumah warga terutama yang berada di pinggir kali.

Melihat kondisi tersebut Karang Taruna Kelurahan Sindangkasih cepat tanggap membantu mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir ini.

“Banjir ini dipicu oleh curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan kali meluap dan membanjiri warga. Kami langsung membantu warga yang kebanjiran, terutama yang terdampak banjir paling parah. Selebihnya, Alhamdulillah sejauh pantauan kami, di RW 09 masih aman.” Kata Soni Herdiansyah, Ketua Karang Taruna Bhakti Asih Unit 09 Sindangkasih Purwakarta.

Pemerintah setempat mulai dari Ketua RT dan Ketua RW 09, segera menghubungi pihak Kelurahan Sindangkasih, dan melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta, untuk mengecek langsung ke lokasi.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir ini, namun kerugian dirasakan oleh warga setempat karena barang-barang yang ada di rumah mereka terendam oleh air.

”Air yang sangat banyak masuk ke dalam rumah, kebetulan di rumah tidak ada orang, jadi tidak bisa menyelamatkan barang-barang. Semua barang terendam banjir, mulai dari pakaian, kasur, terutama alat elektronik yaitu 2 laptop dan akhirnya rusak.” Kata Roby salah seorang warga yang terdampak banjir.

Ketua RW 09 menyambut baik peran dari Karang Taruna dan BPBD Kabupaten Purwakarta, “Banjir tahun ini menjadi yang terparah dibandingkan beberapa tahun ke belakang, berkat adanya peran pemuda Karang Taruna dan BPBD, kami sangat terbantu.” Kata Agus Supriyanto Ketua RW 09 Sindangkasih Purwakarta.

Bantuan segera diberikan berupa selimut, tikar, dan alat kebersihan kepada warga yang terdampak banjir. Sementara untuk bantuan berupa sembako akan diberikan oleh Dinas Sosial P3A Kabupaten Purwakarta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan