Vaksinasi Covid-19 di Desa Cicalengka Wetan Dilakukan Keliling ke Setiap RW

CICALENGKAVaksinasi Covid-19 di Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung sudah mencapai kekebalan komunal.

Diketahui, setiap wilayah baik kabupaten, kecamatan hingga desa ditargetkan supaya bisa membentuk kekebalan komunal atau herd immunity pada Desember 2021 dengan presentase 70 persen warga sudah divaksin.

Desa Cicalengka Wetan sampai saat ini secara presentase vaksinasi warganya sudah menginjak angka 80 persen, sehingga kekebalan komunal telah terbentuk.

Kepala Desa Cicalengka Wetan, Nanang Sutrisna menyampaikan, capaian itu terjadi karena sinegritas berbagai pihak mulai dari antusias dan kesadaran tinggi warga, perangkat desa, Polsek, Koramil serta Puskesmas Cicalengka.

“Sekarang kita berfokus untuk vaksinasinya jemput bola. Kita selenggarakan vaksin ke setiap RW, jadi gak terpusat di desa,” kata Nanang kepada Jabar Ekspres di kantor desa, Jumat (17/12).

Dia berujar, tujuan dilakukannya vaksinasi ke setiap RW guna memudahkan warga dalam berpartisipasi pada kegiatan vaksin.

“Lansia-lansia masih ada yang belum divaksin, padahal target awal vaksinasi itu usia lanjut. Jadi kita jemput dengan mendekatkan vaksin ke setiap RW,” pungkas Nanang.

Menurutnya, warga Desa Cicalengka Wetan yang berusia lanjut melalui laporan serta pantauan lapangan, ucap Nanang, cukup kesulitan mengikuti vaksinasi terpusat di desa karena usia renta.

“Kita walaupun sudah maksimal di angka 80 persen lebih, tapi tetap upayakan supaya benar-benar warga divaksin semua,” imbuh Nanang.

“Vaksin dari Puskesmas, Polsek dan dari Koramil. Penyelenggaraannya didampingi pihak desa. Buat sekarang fokus lansia, jemput supaya lebih dekat dilakukan di setiap RW,” tambahnya.

Nanang menuturkan, dengan dilakukannya vaksinasi keliling ke setiap RW dapat menambah jumlah warga yang divaksin serta memperkuat kekebalan komunal di wilayahnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan