Sambil Menitikan Air Mata, RK: Mang Oded Mah Kaya Orang Tua Buat Saya

BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M Danial atau akrab disapa Mang Oded meninggal dunia pada pukul 11.45 WIB saat dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah, Kota Bandung, Jumat (10/12).

Pantauan Jabar Ekspres, Jenazah langsung disolatkan di Pendopo Kota Bandung dan dihadiri sejumlah kepala daerah, termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu mengaku sangat kehilangan dengan meninggalnya sosok yang telah menemaninya lima tahun dalam memimpin Bandung pada waktu yang lalu.

“Saya 5 tahun bersama-sama sebagai sahabat, menyaksikan kebaikan kesalehan almarhum dan sangat sangat kehilangan,” ujar Emil di Pendopo Kota Bandung, Jumat (10/12).

Pihaknya berpesan kepada keluarganya untuk tetap diberikan kesabaran.

“Saya meyakini insyaAllah husnul khotimah, dan keluarga umi dan anak-anaknya semua semoga diberi kesabaran dan kekuatan,” katanya.

“Saya turut berduka cita yang sangat mendalam, sekaligus mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Khususnya mewakili masyarakat Kota Bandung yang kehilangan Wali Kota tercintanya,” tambahnya.

Emil menjelaskan bahwa meninggalnya Oded merupakan jalan terbaik menurut syariat Islam.

“Saya mendengar almarhum meninggal dalam keadaan yang sangat mulia. Lagi solat sunnah, menjelang jumatan, dan itulah hari dan cara terbaik berpulang menurut syariat,” ujarnya sambil menitikan air mata.

Emil menurutkan bahwa yang diingat dari sosok Mang Oded adalah sebagai sosok orang tua. Menurutnya, Oded selalu memberikan nasihat-nasihat mengenai hal apapun.

“Ya nasihat-nasihat, Mang Oded mah kaya orang tua buat saya, jadi 90 persen kebersamaan, dalam nasihat nasihat, makanya Allah berikan kelancaran. Saya Gubernur, beliau Wali Kota, karena dua duanya saling mendukung dan menghormati,” ucapnya.

Emil menjelaskan bahwa jenazah akan dimakamkan di kampung halamannya.

“(dimakamkan) Di kampung halamannnya, karena mang oded asli Tasik, jadi dimakamkan di Tasik,” pungkasnya.* (mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan