PLN UIP JBT Berikan Bantuan TJSL senilai Rp315 Juta untuk Pengembangan UMKM Jatigede

SUMEDANG – Dukung pengembangan UMKM di Indonesia, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) berupaya mengoptimalkan potensi UMKM daerah melalui berbagai program bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bernama PLN Peduli. Kali ini, PLN UIP JBT menyerahkan bantuan untuk pengembangan UMKM di wilayah Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang senilai Rp 315 juta.

Sebanyak 4 (empat) program bantuan PLN Peduli diserahkan kepada para pelaku UMKM Kecamatan Jatigede di depan gedung Galeri UMKM Jatigede yang berada di Desa Cipicung, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, pada hari Rabu, (08/12).

Bantuan tersebut diantaranya Bantuan Pengembangan UMKM Budidaya Ikan Desa Karedok, Bantuan Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Bringka Sejahtera, dan Bantuan Mesin untuk UMKM Opak Desa Karedok. Dalam momentum tersebut, PLN UIP JBT juga sekaligus meresmikan bantuan CSR Galeri UMKM dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBT, Agus Djauhari dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai memiliki potensi besar sebagai penggerak kebangkitan ekonomi masyarakat, terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Hal ini juga sejalan dengan salah satu tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang menjadi salah satu tujuan prioritas perusahaan dalam pelaksanaan program TJSL.

“Bantuan ini merupakan bentuk dukungan kami dalam mendorong pemasaran dan produk UMKM di Jatigede. Semoga bantuan TJSL ini dapat menjadi peluang dan semangat baru bagi para pelaku UMKM di wilayah Jatigede untuk terus mengembangkan usahanya.” ujar Agus.

Turut hadir dalam seremonial penyerahan bantuan diantaranya Bupati Sumedang yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Perdagangan dan Perindustrian, Harry Tri Santosa, Camat, Widodo Heru Prasetyawan beserta jajaran muspika Jatigede, Kepala Desa Karedok, Waluyo, Kepala Desa Cijeungjing, Atit Casmiati, para pelaku UMKM Kecamatan Jatigede selaku penerima bantuan, dan Wakil Rektor IV Universitas Telkom, Dr. Rina Pujiastuti, ST. MT beserta tim selaku mitra PLN dalam pengadaan bantuan mesin untuk kelompok UMKM Opak Desa Karedok.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan