6 Bahaya Tomat, Jika Dikonsumsi Berlebihan

JAKARTA – Tingginya kandungan gizi dalam tomat membuat banyak orang menjadikan tomat sebagai salah satu buah favorit yang paling sering  dikonsumsi. Ada juga yang mencampurkannya dalam berbagai menu masakan. Bahkan ada yang menjadikan tomat sebagai masker wajah karena ingin mengambil manfaatnya untuk kecantikan.

Meskipun aman untuk dikonsumsi, tomat bisa menyebabkan komplikasi pada beberapa orang. Aalagi bila dikonsumsi secara berlebihan tomat juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Beberapa masalah yang bisa ditimbulkan tomat termasuk refluks asam, efek intoleransi, nyeri otot dan lain-lain. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze.

1. Refluks Asam dan Mulas
Tomat mengandung asam malat dan sitrat serta bisa membuat lambung memproduksi asam lambung yang berlebihan (yang bertanggung jawab atas pemecahan makanan). Ketika volume asam meningkat, asam lambung dipaksa mengalir ke kerongkongan yang bisa menimbulkan gejala mulas.

Tomat juga terdaftar sebagai beberapa makanan yang bisa memicu refluks. Tomat juga bisa memperburuk gejala GERD (gastroesophageal reflux disease). Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, yang terbaik adalah menghindari makanan asam seperti tomat untuk menghindari gejala refluks asam.

2. Alergi dan Infeksi
Gejala alergi tomat paling sering terjadi segera setelah buah dikonsumsi. Ini termasuk gatal-gatal, ruam kulit, eksim, batuk, bersin, sensasi gatal di tenggorokan, dan pembengkakan pada wajah, mulut serta lidah. Menurut sebuah penelitian di Polandia, tomat mengandung senyawa yang disebut histamin yang bisa menyebabkan reaksi alergi tertentu.

Tomat juga bisa menyebabkan dermatitis kontak alergi, di mana kulit Anda menjadi sangat gatal dan bengkak setelah menyentuh buah. Tomat juga bisa menyebabkan bibir gatal. Reaksi alergi lain yang mungkin terjadi dengan tomat adalah bercak merah di sekitar alis dan kelopak mata.

3. Masalah Ginjal
Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, individu dengan penyakit ginjal kronis lanjut harus membatasi asupan kalium, mineral yang terkandung di tomat. Orang dengan masalah ginjal yang parah mungkin juga diminta untuk membatasi asupan tomat karena mengandung banyak air.

Tingginya kadar kalium dalam darah yang merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal bisa diatasi dengan menghindari tomat atau saus tomat atau segala sesuatu yang terbuat dari tomat. Saus tomat juga tinggi oksalat, yang merupakan alasan lain orang yang rentan harus menghindarinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan