Rumah Zakat Dirikan Dua Pos dan Siagakan Ambulan untuk Para Korban Erupsi Gunung Semeru

LUMAJANG – Untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru, Lembaga sisal Rumah Zakat saat ini telah mendirikan dua pos untuk menyalurkan berbagai bantuan titipan dari para donatur.

Dua Pos yang dibangun Rumah Zakat berdiri di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Hingga kini, 15 relawan Rumah Zakat yang diturunkan telah membantu proses evakuasi di Candipuro dengan memberikan pelayanan Kesehatan, pelayanan ambulan, penyaluran 300 kornet Superqurban.

‘’Pelayanan dapur umum untuk membakikan makanan juga kita buka. Termasuk membagikan masker dan makanan siap santap,’’ Koordinator RZ Action Izzatul Yazid, Senin (6/12).

Menurutnya, hingga kini kondisi Gunung Semeru masih mengeluarkan aktivitas vulkanik. Sehingga masyarakat yang berada diseputar kaki gunung, belum diperbolehkan kembali dan masih bertahan di tempat-tempat pengungsian.

Lembaga sosial yang berpusat di Kota Bandung ini mengerahkan tiga unit kendaraan ambulan dan satu unit kendaraan rescue untuk membantu mengevakuasi warga memberikan pelayanan kesehatan secara mobile.

‘’Kendaraan ini berfungsi mendatangi warga korban erupsi ke tempat-tempat pengungsian dan memberikan bantuan pelayanan kesehatan, termasuk memberikan bantuan oksigen,’’kata Yazid.

Untuk evakuasi sendiri, saat ini masih terus dilakukan dengan seluruh jajaran, Sedangkan untuk laporan korban hilang belum ada konfirmasi yang masuk.

Sementara luncuran awan panas sudah berhenti. Namun Kondisi puncak Gunung Semeru masih belum stabil dikarenakan hujan. Ada interaksi air dengan gas.

Hingga saat ini status Gunung Api Semeru masih Waspada level 2 dan kondisi udara menurut radar Accuweather Udara mencapai tingkat polusi tinggi dan tidak sehat untuk kelompok yang sensitif.

“Berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan penyintas, terlihat bahwa mereka memerlukan masker, makanan siap saji, air mineral, makanan bayi dan balita, selimut, alas tidur, obat-obatan, serta air bersih. InsyaAllah kita akan berupaya untuk menyalurkan bantuan sesuai keperluan penyintas,” tutur Yazid.

Sementara itu antusiasme donatur, yang menitipkan donasi bagi warga terdampak Erupsi Gunung Semeru terus berdatangan.

Oleh karena itulah terus berupaya menyiapkan kanal-kanal donasi untuk memudahkan para donatur.

Saat ini donatur bisa berdonasi untuk penyintas erupsi Gunung Semeru melalui website. Caranya klik website Rumah Zakat disini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan