Rucika Bangun Tempat Pengelolaan Limbah Rumah Tangga dengan Sistem SWG di Pacet Kabupaten Bandung

BANDUNG – PT Wahana Duta Jaya Rucika sebagai perusahaan terbesar yang memproduksi Pipa PVC memberikan bantuan dalam bentuk Coorperate Sosial Responbility (CSR) kepada masyarakat.

Marketing Division Head PT. Wahana Duta Jaya Rucika Sandhy Kurniawan mengatakan, bantuan yang di berikan Rucika adalah membangun sistem sanitasi terpadu yang bekerjasama dengan Loola Adventure Resort melalui programnya, Safe Water Garden (SWG).

‘’Program ini sebetulnya telah dilaksanakan sejak September sampai dengan Oktober di Desa Nagrak, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini,’’ucap Shandy dalam keterangannya, Senin, (6/12)

Menurutnya, batuan Rucika ini merupakan kali kedua pada 2021. Setelah Rucika berolaborasi di pemukiman Bumi Indah, Bintan, Kepulauan Riau, pada bulan April 2021.

‘’Hadirnya program SWG di Desa Nagrak ini, merupakan suatu program yang disponsori oleh Rotary Club International yang berkolaborasi dalam bidang penelitian dengan Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung,’’tuturnya.

Sistem SWG merupakan salah satu komponen perpipaan. Hal ini membuat Rucika sebagai produsen sistem perpipaan terlengkap di Indonesia tergerak untuk turut andil berkontribusi dalam menyukseskan program pengelolaan air limbah.

Sejauh ini, Rucika telah menyiapkan 30 sistem sanitasi SWG untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan air limbah di 91 rumah di pemukiman Desa Nagrak, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

30 sistem sanitasi ini terdiri dari pipa Rucika Standard, serta sambungan pipa Rucika, diterima langsung oleh warga Desa Nagrak, dan disambut antusias oleh penduduk setempat.

Sebagai informasi, sistem pengolahan limbah SWG yang dikembangkan dari konsep asli UNICEF ini telah memberikan banyak manfaat.

Tidak hanya sebatas sistem sanitasi yang baik dan lebih sehat, namun juga dapat meningkatkan produktifitas masyarakat setempat.

Cara kerja Safe Water Garden ini diadaptasi dari UNICEF. Pengolahan limbah dari toilet atau air mandi yang keluar melalui pipa masuk ke dalam tangki air. Kemudian terurai secara alami di dalam tangki air plastik yang kedap udara tanpa ada chemical apapun.

Dengan penyesuian tinggi pipa yang keluar dari tangki, air yang keluar melalui pipa yang dilubangi sepanjang 8 – 10 mm, agar dapat tersalurkan ke kebun resapan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan