Giatkan Kembali Koperasi Binaan, DKUM Depok Gelar Pekan Koperasi

DEPOK – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok berupaya menggiatkan usaha Koperasi Binaan miliknya melalui serangkaian kegiatan, salah satunya lewat Pekan Koperasi.

Kepala Bidang Pengawasan Dan Bina Usaha DKUM Kota Depok, Andi Kuswandi mengatakan, kegiatan tersebut rencana digelar selama tiga hari. Mulai tanggal 29 November-1 Desember 2021.

“Kegiatan dipusatkan di Balai Kota Depok. Acara akan dimeriahkan dengan ragam kegiatan mulai dari dialog perkoperasian, seminar, pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Koperasi Depok, dan bursa permodalan,” ungkap Andi.

Dia menjelaskan, kegiatan dialog perkoperasian akan menghadirkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sidik Mulyono serta Ketua Dekopinda Teguh Prajitno selaku narasumber.

“Sedangkan, untuk acara Seminar Perkoperasian akan diisi oleh International Cooperative Alliance, Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM, dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) pada hari ini di gedung Dibaleka 2,” paparnya.

Untuk Rabu besok, ujar dia, kegiatan Pekan Koperasi Depok akan diramaikan dengan podcast dari DKUM dan Ketua Dekopimda.

Sedangkan, pameran UMKM, akan diikuti oleh 10 koperasi yang masing-masing bergerak di bidang produk UMKM.

“Seperti Koperasi Ummi Mawadah dengan produk makanan dimsum, KSP Makmur dengan makanan kemasan dan batik, bakso dan lain-lainnya,” katanya.

Sementara itu, bursa modal didukung oleh beberapa perbankan seperti BRI, BSI BJB, Mandiri, dan BTN.

“Lalu, Papitupi Syariah, Baznas, dan Pegadaian yang seluruhnya itu akan digelar selam tiga hari pameran. Setiap kegiatan tersebut digelar sebagai ajang promosi untuk koperasi di Kota Depok,” jelasnya.

Dia mengatakan DKUM sejauh ini memiliki 165 koperasi binaan. Karena itu, melalui acara ini diharapkan dapat membantu menggeliatkan kembali eksistensi mereka dengan pameran produk, dan aneka kegiatan promosi lainnya. (mg2)

Tinggalkan Balasan