Pilkades Serentak di Jawa Barat Digelar di 2 Kabupaten

NGAMPRAH – Pilkades serentak di Jawa Barat (Jabar) digelar secara bersamaan di 2 (dua) kabupaten yang berbeda. yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Bandung Barat.

Berdasarkan data yang diperoleh, pilkades serentak di Jawa Barat ini yakni di Kabupaten Bandung Barat diikuti 171 kontestan yang akan berebut kursi kepala desa di 41 Desa yang tersebar di 14 Kecamatan dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 275.114 orang.

Untuk kelancaran dan kesuksesan gelar pilkades hari ini, 614 Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah didirikan, dan masing-masing TPS dipersyaratkan menampung max. 500 pemilih sesuai aturan pilkades serentak selama masa pandemi.

Terkait banyaknya jumlah calon kepala desa di Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan (Plt. Bupati Bandung Barat) menegaskan bahwa sudah dilakukan seleksi secara ketat, dan sejauh ini tidak memunculkan rasa ketidakpuasan dari calon yang tidak lulus.

“Secara intens Pemkab Bandung Barat telah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk menjaga kondusifitas, khususnya pada saat pelaksanaan pilkades hari ini”, tegas Hengky lagi.

“Kami akan melakukan tindakan tegas terhadap siapa saja yang akan mengganggu jalannya pilkades”, ujar Kapolres Cimahi wilayah tugasnya mencakup Bandung Barat.

Sementara itu, pilkades serentak di Kab. Kuningan digelar di 406 TPS yang berada di 78 Desa di 39 wilayah kecamatan, 159.179 pemilih tetap yang akan menentukan 215 calon kepala desa.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, menuturkan bahwa berdasarkan gender, tercatat 187 Laki-laki dan 28 perempuan yang menjadi calon kepala desa. Sementara menurut jenjang pendidikan calon kepala desa, terdapat 30 lulusan SMP, 131 lulusan SMA, 8 lulusan Diploma, 36 lulusan S.1, 9 lulusan S.2, dan 1 orang lulusan S.3.

Dalam pantauan pilkades di Kab. Kuningan yang dilakukan oleh Kabid Bina Desa, Asep Nandang Rasadi, bahwa Pemkab Kuningan menyediakan gerai-gerai vaksin di tempat-tempat pemungutan suara.

“Atas nama Pemprov Jabar, kami sangat mengapresiasi adanya gerai vaksin di tempat-tempat pemungutan suara”, papar Asep Nandang Rasadi.

Hadir pada acara video conference pelaksanaan pilkades serentak di Kab. Bandung Barat, antara lain Bupati Bandung Barat, Kapolres Cimahi, Dandim 0609, jajaran Forkopimda, Sekda Kab. Bandung Barat, Sekretaris DPMD Prov. Jabar, Kepala DPMD Kab. Bandung Barat, Camat Ngamprah, dan tentunya juga Tim Pemantau Pilkades dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan