Masih Berjuang, Berikut Kabar Terkini Pandemi Covid-19 di Berbagai Belahan Dunia

Prancis akan memberikan dosis penguat vaksin COVID-19 bagi semua penduduk dewasa serta memperketat pemakaian masker, pemeriksaan pas kesehatan dan pengendalian perbatasan untuk meredam gelombang kelima COVID-19.

Slovakia mulai memasuki lockdown dua pekan pada Kamis. Negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Eropa itu menghadapi krisis rumah sakit dan lonjakan kasus baru. Tingkat infeksi per kapita di negara itu mencatat rekor tertinggi di dunia.

Hongaria bersiap memvaksinasi anak-anak berusia 5-11 tahun.

Portugal, salah satu negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, akan memberlakukan kembali pembatasan untuk menghentikan lonjakan kasus. Penumpang pesawat yang tiba di negara itu diminta untuk menunjukkan hasil negatif tes COVID-19.

Jerman berada dalam fase pertumbuhan eksponensial jumlah kasus, kata Kanselir Angela Merkel. Angka kematian akibat COVID-19 di negara itu telah menembus angka 100.000.

Beberapa rumah sakit di Belanda menunda perlakuan kemoterapi dan transplantasi organ untuk memberi ruang perawatan intensif yang lebih banyak bagi pasien COVID-19.

Perkembangan Medis

Regulator obat-obatan Uni Eropa menyetujui penggunaan vaksin Pfizer/BioNTech pada anak-anak usia 5-11 tahun.

Turki mengizinkan penggunaan darurat vaksin buatan sendiri, Turkovac, dan diharapkan mulai tersedia pada akhir tahun.

Vaksin COVID-19 aman bagi ibu hamil dan bukan penyebab meningkatnya komplikasi, menurut data Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

Dampak Ekonomi

Saham-saham mengalami tekanan tertinggi dalam tiga bulan di Asia dan harga minyak jatuh setelah varian baru COVID-19 mendorong investor beralih ke obligasi, yen dan dolar AS. (antara-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan