Penyebab Kebakaran Rumah Warga di Cimahi Terungkap

CIMAHIKebakaran rumah warga terjadi di Jalan Mutilan 2 Parmindo, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan pada Kamis (25/11) petang kemarin. Api telah menghanguskan rumah dengan luas sekitar 182 meter persegi itu.

Diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik yang tersambung ke rumah tersebut.

Kabid Damkar dan Penyelamatan pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Uus Supriyadi membeberkan kronologis kejadian kebakaran yang diawali lampu di rumah korban mendadak mati sehingga pemilik rumah langsung berinisiatif untuk menyalakan panel listrik.

“Awalnya lampu di rumah korban mati mendadak tapi rumah tetangganya nyala, lalu pemilik rumah itu langsung menyalakan panel listrik tersebut,” ujar Uus melalui sambungan telepon, Jumat (26/11).

Dia menyatakan, rumah milik Dini, 52, yang terbakar itu berawal dari korsleting listrik hingga api menyambar di ruangan atas.

“Tiba-tiba pemilik rumah melihat asap dan ketika di cek api di ruangan atas langsung terbakar,” jelasnya.

Sebelum menunggu petugas datang, warga secara bersamaan berusaha mematikan percikan api yang besar di rumah warga namun belum juga padam.

Setelah 10 menit kemudian, 14 orang tim petugas Damkar Kota Cimahi datang dengan menggunakan mobil pancar 4 unit dan resque 1 unit.

“Kami langsung memadamkan api, agar tidak berpancar lebih besar. Setelah itu, begitu apinya langsung padam lalu kita lakukan pendinginan supaya apinya tidak muncul,” ujarnya.

Terkait korban jiwa, lanjut Uus, tidak ada korban jiwa maupun luka atas kejadian tersebut, namun totalkerugian ditaksir sebesar Rp1 Miliar.

“Luas keseluruhan lokasi kurang lebih 300 meter persegi, sementara area yang terbakar 180 meter persegi. Taksiran kerugiannya sebanyak Rp. 1 M,” bebernya. (mg3/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan