WHO: Kasus Covid-19 Global Kembali Naik Dalam Sepekan

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), dalam sepekan kasus Covid-19 secara global mengalami kenaikan hingga 6 persen dibanding pekan sebelumnya.

WHO merilis ada 3.346.517 kasus Covid-19 baru diseluruh dunia, dengan tingkat kematian naik 1 persen sebanyak 49.584 jiwa.

Kenaikan tertinggi terjadi dikawasan eropa, yakni munculnya 2.145.966 kasus baru dalam sepekan, dengan tingkat kematian yang juga naik 5 persen, sebanyak 28.304 kasus.

Sementara diasia sendiri, kasus Covid-19 justru mengalami penurunan 3 persen dari pekan sebelumnya.

Peningkatan tersebut dikarenakan tingginya penularan varian delta yang sudah menyebar ke berbagai kawasan, selain itu juga adanya pelonggaran aktivitas masyarakat. Serta masih adanya kelompok masyarakat yang belum divaksin, juga kekebalan yang mulai turun terhadap varian delta yang sangat menular.

“Ini sebagai pengingatyang sduah berkali-kali kami sampaikan, vaksin tidak dapat menggantikan pencegahan,” ujar Direktur Jendral WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

WHO menghimbau untuk kawasan yang terjadi peningkatan kasus, agar meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Menghentikan booster, dan mengutamakan vaksinasi untuk orang yang belum menerima dosis pertama. Mempercepat pengiriman vaksin untuk negara dengan cakupan vaksin rendah, dan menjalankan tes dan pelacakan serta disiplinn menerapkan protokol kesehatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan