Sosialisasi Aplikasi Sidakep, Begini Harapan Disnaker Kota Cimahi

CIMAHI – Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi telah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakep) pada beberapa waktu lalu.

Saat ini mereka lakukan sosialisasi pada tiap kelurahan di Kota Cimahi dengan waktu yang telah ditentukan.

Salah satunya, mengadakan kegiatan sosialisasi di Kelurahan Cipageran tentang aplikasi Sidakep diluncurkan oleh Disnaker Kota Cimahi. Berlangsung di Cimahi Technopark pada Kamis (18/11).

Menurut salah satu warga Cipageran, Ahmad, 29, pada saat acara sosialisasi dia mendapat arahan untuk diberi pilihan pada pekerjaan yang dia mampu.

“Pas sosialisasi tadi kami diarahkan untuk memilih pekerjaan sesuai yang kita mampu,” kata Ahmad saat ditemui usai acara, Kamis (18/11).

Ahmad sangat butuh dengan kegiatan sosialisasi ini lantaran, sudah hampir setahun ia masih belum mendapatkan pekerjaan yang tetap dan sebelumnya ia bekerja sebagai buruh serabutan.

“Hampir setahun, saya masih menganggur karena sebelumnya saya kerjanya serabutan jadi mohon bantuannya dari Dinas,” ungkapnya.

Dia mendapatkan informasi acara sosialisasi ini dari RT/RW di kelurahan melalui door to door.

“Saya tahu acara sosialisasi pencari pekerjaan ini dari RT/RW di Kelurahan dan mereka langsung door to door dan ini baru pertama kali digelar,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Yanuar Taufik mengatakan, harapan pihaknya mengadakan sosialisasi yaitu supaya informasi dapat lebih jelas dan terarah.

“Supaya informasinya lebih kental lagi ya kita adakan sosialisasi tiap kelurahan, tujuannya agar pencari kerja dapat memahami aplikasi Sidakep ini intinya untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan pekerjaan,” ujar Yanuar.

“Termasuk disampaikan juga pada pencari kerja yang sesuai dengan kebutuhan karena di Sidakep ada kompetensi di masing-masing orang dalam pencari kerja,” sambungnya.

Sebelumnya, Disnaker Kota Cimahi membuat inovasi cara melamar pekerjaan dengan sistem digital, yang dinamakan Sistem Link and Match (Silima) yang bisa ditelusuri melalui silima.cimahikota.go.id. Sistem tersebut dinilai lebih efektif dan hemat biaya bagi para pelamar pekerjaan.

Maka dari itu, keberadaan aplikasi Sidakep ini akan bermanfaat untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cimahi. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan