DKR Serukan Manfaat Garam Krosok untuk Antisipasi Lonjakan Covid-19

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Nomor 8.02/648/SATGAS/2021 perihal Pemberhentian Sementara Pembelajaran Tatap Muka Sementara di Kecamatan Pancoran Mas, sehubungan dengan meningkatnya angka paparan Covid-19.

Menyikapi hal tersebut, Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok menyerukan agar masyarakat mempersiapkan garam krosok sebagai antisipasinya.

“Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Wali Kota Depok menghentikan Pembelajar Tatap Muka Terbatas atau (PTMT) akibat adanya lonjakan angka Paparan Covid-19, khususnya di Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Nah, menyiasati adanya lonjakan Covid-19 kami dari DKR mengajak masyarakat untuk memanfaatkan garam krosok sebagai langkah mengatasi lonjakan Covid-19,” ujar Ketua DKR Kota Depok, Roy Pangharapan kepada Jabar Ekspres, Jumat (18/11).

Diketahui, berdasarkan data per 17 November, terjadi lonjakan kasus konfirmasi aktif sebesar 103 pada. Sehinga total kasus menjadi 331 dari sebelum 231. Angka kesembuhan bertambah satu kasus begitu juga angka kematian 1 kasus.

“Berdasarkan hasil kajian kami di DKR, terutama dari hasil Diskusi Ilmiah bertemakan hal yang sama, bahwa paparan Covid-19 bisa diatasi dengan cuci hidung menggunakan air garam non yodium atau garam krosok. Kami mendorong agar gerakan ini menjadi gerakan masif di Kota Depok,” ujarnya.

“Ya kemarin kita baru dapat pencerahan lewat Diskusi Ilmiah yang diadakan oleh DKR Kota Depok,dimana salah satu narasumbernya yaitu Drh Moh Indro Cahyono mengatakan bahwa paparan Covid19 bisa diatasi dengan mencuci hidung dan kumur tenggorokan menggunakan air garam krosok 1%,” sambungnya.

Menurut DKR, masyarakat tidak perlu panik, menghadapi hal yang demikian,sebab kita sudah tahu cara mengatasinya.

“Iya dong,yang utama adalah tidak panik,kita bisa mengatasi ini,” tegas Roy.

Untuk itu, kata dia, di samping cuci hidung dan kumur menggunakan air garam krosok,DKR juga meminta masyarakat untuk menerapkan protokol sehat rakyat, yaitu dengan melaksanakan Prokes yang sudah ada, seperti memakai masker mencuci tangan dengan air sabun dan menjaga jarak, perlu ditambahkan dengan meminum ramuan herbal 131 yang terdiri dari 1 jari jahe 3 batang sere dan 1 jari lengkuas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan