Kasus Covid-19 Naik Lagi, Jateng Terbanyak

JAKARTA – Penambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia, hingga kini terus terjadi. Peningkatan tertinggi terjadi di Jawa Tengah.

“Jika melihat perkembangan kasus di tingkat nasional, terdapat 29 persen atau 37 kabupaten/kota di Jawa Bali, yang kasusnya meningkat dibanding minggu sebelumnya. Peningkatan ini paling banyak terjadi di Jawa Tengah, dengan 14 kabupaten/kota. Lalu Jawa Timur 12 kabupaten/kota dan Jawa Barat 8 kabupaten/kota” ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, di Jakarta, Selasa (16/11).

Kenaikan kasus Corona ini juga berdampak terhadap jumlah orang yang dirawat di rumah sakit. Daerah di Jawa Tengah kembali menjadi yang tertinggi.

Jumlah kasusnya meningkat secara konsisten. Termasuk di Wisma Atlet Jakarta Pusat yang terjadi peningkatan dalam sepekan terakhir.

“Selain pada tingkat kabupaten kota, peningkatan jumlah orang yang dirawat juga terlihat di data Wisma Atlet. Selama seminggu terakhir, orang yang dirawat meningkat secara konsisten. Yakni pada rentang 248 hingga 273. Padahal sebelumnya keterisian tempat tidur di Wisma Atlet berhasil ditekan hingga 209,” imbuhnya.

Selain itu, tren vaksinasi juga menurun. Dia meminta seluruh pemerintah daerah meningkatkan laju vaksinasi.

“Di saat kasus mengalami peningkatan dan sudah semakin banyak orang dirawat, laju vaksinasi mengalami penurunan selama tujuh minggu terakhir. Penurunan ini utamanya terjadi pada vaksin merek Sinovac.

Ternyata tidak dibarengi dengan peningkatan vaksinasi pada merek lainnya. Seperti Pfizer, Astrazeneca, Moderna dan Sinopharm,” pungkasnya. (rh/fin)

Tinggalkan Balasan