Disperkimtan Kabupaten Bandung Lakukan Penataan Taman Yang Colourful

SOREANG – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung terus melakukan penataan taman-taman di kawasan Kompleks Pemda Kabupaten Bandung.

Taman-taman ini, nantinya diharapkan akan menjadi prototipe (percontohan) penataan taman di wilayah lainnya.

“Penataan taman ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas ruang publik di Kabupaten Bandung. Selain itu, penataan taman-taman di Kompleks Pemda Kabupaten Bandung pun dibangun secara tematik dan colourful,” ungkap Kepala bidang Pertamanan dan Pemakaman Disperkimtan Kabupaten Bandung, Erna Marlena ST,.M.Si., Rabu (10/11).

Program penataan taman yang digagas Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna
Program penataan taman yang digagas Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna

Dikatakan Erna, Tahun 2021 ini, salah satu taman yang telah di resmikan namanya oleh Bupati Bandung, Dadang Supriatna, yaitu taman Difabel Bedas. Taman ini, kata Erna, merupakan taman untuk memfasilitasi para penyandang disabilitas.

“Meski sarana prasarana belum lengkap, tetapi taman Difabel Bedas sudah bisa digunakan. Kita pun berharap ada penataan lanjutan untuk melengkapi sarana prasarannya di taman Difable Bedas tersebut,” kata Erna.

Menurutnya, penataan taman-taman di kawasan kompleks Pemda Kabupaten Bandung, guna meningkatkan kualitas pejalan kaki, yang tadinya tidak ada jalur pedestrian sekarang ada jalur pedestrian yang layak.

Penataan Taman yang diperuntukan penyandang disabilitas di Kabupaten Bandung
Penataan Taman yang diperuntukan penyandang disabilitas di Kabupaten Bandung

“Pedestrian-nya pun berbagai, ada yang tematik dan ada juga yang biasa, tetapi membuat jalur pedestrian yang eye cething ini untuk memicu orang agar senang jalan kaki,” kata Erna.

Selain itu, Erna juga mengatakan pada tahun 2021, selain penataan taman-taman di Kompleks Pemda Kabupaten Bandung, ada sembilan titik taman yang dibangun di wilayah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Kemudian di Kecamatan Rancaekek juga ada 12 taman yang sudah dilakukan penataan dan telah diserah terimakan pemeliharaannya dari Disperkimtan Kabupaten Bandung ke RW setempat.

“Penataan taman di lingkungan RW sudah dilakukan sejak tahun 2018 dan pemeliharannya telah diserahterimakan dari Disperkimtan ke RW setempat. Sehingga masing-masing RW bisa berbeda-beda ruang terbuka publiknya,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan