Ngatiyana Berharap OSS-RBA Bisa Pulihkan Ekonomi

CIMAHI – Terpuruknya ekonomi akibat pandemi Covid-19 terjadi di seluruh daerah di Indonesia, bahkan di dunia. Upaya percepatan pemulihan ekonomi kini gencar dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah guna mengembalikan roda ekonomi daerah.

Salah satu upaya yang ditempuh pemerintah adalah dengan meluncurkan System Online Single Submission Risked Based Approach (OSS-RBA) yang merupakan izin usaha untuk para pelaku usaha saat akan memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha.

Sistem ini dirancang untuk memudahkan para pelaku usaha dalam mengurus perizinan usahanya. Hal ini merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. OSS-RBA diluncurkan secara resmi pada 9 Agustus 2021 lalu oleh Presiden Jokowi.

Sistem OSS berbasis risiko ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi, keterbukaan, dan keterjaminan dalam mendapatkan izin berusaha bagi para pelaku usaha di Indonesia. Melalui layanan OSS berbasis risiko, para pelaku usaha mikro dan kecil diharapkan akan lebih mudah dalam mendapatkan izin berusaha, terutama dalam mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengakui jika pandemi Covid-19 sangat berdampak besar pada perekonomian Cimahi. Beberapa penurunan yang sangat dirasakan adalah penurunan di sektor eksport dan import, penurunan nilai agregat atau total investasi, hingga naiknya tingkat pengangguran.

”Hal ini harus menjadi perhatian yang serius bagi upaya memulihkan perekonomian kota pada beberapa tahun kedepan,” kata Ngatiyana dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi OSS-RBA bagi Pelaku Usaha di Horison Green Forest Resort, Cihideung, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (9/11).

”Hal yang dapat kita lakukan adalah dalam lingkup pengembangan ekonomi lokal kota. Hal ini dilakukan melalui dua cara yaitu memangkas ekonomi biaya tinggi melalui penyederhanaan perizinan dan mendongkrak kinerja UMKM,” tambahnya.

Dia pun sangat mendukung peluncuran sistem OSS-RBA ini yang dinilai sangat stategis untuk memulihkan perekonomian nasional akibat dampak dari pandemi Covid-19. Dia juga mengimbau para ASN Kota Cimahi untuk mempelajari secara lebih mendalam, membantu menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan segera melaksanakan penyesuaian -penyesuaian yang diperlukan sesuai peraturan yang berlaku.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan