Siap Glowing! Berikut Enam Kandungan Skincare yang Akan Jadi Tren

Editor:

JAKARTA – Produk perawatan kulit atau skincare menjadi salah satu tren kecantikan yang terus digemari meskipun pandemi melanda. Berbeda dengan produk tata rias yang mengalami penurunan pembelian, produk perawatan kulit justru mengalami peningkatan.

Hal ini disebabkan karena selama pandemi ini berlangsung, semakin jarang orang menggunakan produk tata rias. Selain karena lebih banyak beraktivitas di rumah saja, semua orang pun harus mengenakan masker bila hendak berpergian ke luar rumah.

Sebaliknya semakin banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan kulit wajah, apalagi masalah seperti kulit kering, iritasi dan jerawat banyak bermunculan akibat terlalu lama memakai masker (maskne). Hal ini mungkin yang menjadikan produk perawatan kulit lebih dicari dibandingkan dengan produk tata rias.

Berikut ini adalah enam kandungan dalam produk perawatan kulit wajah oleh sejumlah ahli kecantikan akan terus digemari dan dicari pada 2021. Dari enam bahan ini, empat diantaranya merupakan bahan alami yang berasal dari tumbuhan herbal.

Daun kelor (moringa)
Daun kelor adalah tumbuhan yang banyak dijumpai di Indonesia. Selain sering digunakan untuk bahan pangan, daun kelor atau moringa ini juga dapat digunakan untuk pengobatan karena memiliki kandungan antioksidan vitamin E dan tinggi akan vitamin A.

Tingginya kandungan vitamin A dalam daun kelor atau moringa, membuat tanaman ini juga memiliki khasiat serupa dengan retinol, yaitu untuk mencegah penuaan dini.

Sejumlah produk kecantikan juga menggunakan moringa yang terbukti dapat mempercepat regenerasi sel kulit, membantu mengatasi jerawat, mencerahkan dan meratakan warna kulit sehingga ampuh untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dan pigmentasi berlebihan. Kandungan vitamin E yang tinggi dalam daun kelor juga membantu mengatasi masalah kulit kering dan memperkuat lapisan kulit agar tidak mudah teriritasi.

Ekstrak daun pegagan (Centella asiatica)
Dilansir dari Antara, ekstrak dari daun pegagan yang bernama latin Centella asiatica atau yang dikenal dengan sebutan cica ini, sudah mulai digemari dan dicari oleh para pecinta produk kecantikan sejak tahun 2019. Berbagai produk kecantikan secara global mulai berlomba-lomba menciptakan produk perawatan kulit yang menggunakan ekstrak daun pegagan sebagai salah satu kandungan utama.

Cica banyak dicari karena kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, dan berbagai fitokimia potensial. Ekstraknya juga berfungsi untuk menenangkan peradangan, mempercepat penyembuhan luka, merangsang pertumbuhan sel baru, membangun kolagen, dan meningkatkan sirkulasi.

Berbagai produk dengan kandungan cica ini kemudian banyak digunakan untuk mengobati iritasi bahkan jerawat akibat penggunaan masker terlalu lama. Sebagian orang bahkan hanya menggunakan serum dengan kandungan cica tanpa produk perawatan kulit lain, supaya kulit tidak terlalu “stress” berada terlalu lama di bawah masker.

Niacinamide
Sama seperti Centella asiatica, produk dengan kandungan niacinamide akan terus dicari karena memiliki fungsi dasar yang serupa dengan cica yaitu mampu mengobati kulit dari peradangan akibat iritasi dan jerawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *