Puskesmas Tapos Depok Imbau Warga Waspadai Genangan Air

DEPOK – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Tapos mengimbau warga agar waspada terhadap genangan air. Pasalnya, genangan air merupakan tempat sarang nyamuk yang menjadi penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Kepala UPTD Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan mengatakan Kota Depok kini sedang memasuki musim penghujan di mana potensi penyakit DBD yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus dengue sangat tinggi.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat agar mewaspadai genangan air sisa hujan, termasuk rutin membersihkan air selokan yang menjadi sarang nyamuk.

“Kami mengimbau kepada warga agar jika ditemukan banyak jentik nyamuk maka akan dilakukan tindak lanjut, seperti penyebaran bubuk abate hingga pengasapan atau foging. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk, seperti selokan dan genangan air hujan,” katanya, Kamis (28/10).

Di samping itu, dia juga mengingatkan kepada warga sekitar untuk rutin memeriksa kebersihan pada tempat pembuangan sampah, kaleng-kaleng, cekungan tanah, dan lainnya.

Dia berharap kesadaran menjaga kebersihan lingkungan harus terus diperkuat sebagai langkah antisipasi pencegahan penyakit DBD dan juga penyakit menular lainnya.

“Maka itu, diperlukan gerakan-gerakan untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Sebagai contoh, masyarakat dapat bekerja bakti membersihkan lingkungan dan memperbaiki saluran air,” terangnya.

Saat ini, pihaknya menyisir sekitar 20 rumah dari lokasi kasus DBD atau penyakit musim penghujan lainnya, hal tersebut untuk mengetahui kondisi lingkungan sekitar sebagaimana menindaklanjuti laporan dari warga dan rumah sakit. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan