Peringati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Cimahi: Pemuda Cimahi Lebih Kreatif, Inovatif, dan Kolaboratif

CIMAHI – Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Cimahi menggelar acara Refleksi Sumpah Pemuda dan Perspektif Pembangunan di Kota Cimahi.

Acara ini digelar pada Kamis (28/10) bertempat di Pendopo DPRD Kota Cimahi.

Kegiatan acara Refleksi Sumpah Pemuda dan Perspektif Pembangunan di Kota Cimahi dihadiri oleh Ketua KNPI Kota Cimahi Yusuf Handriyana, Kabid Kepemudaan pada Disbudparpora Kota Cimahi Erwandi, Anggota Komisi II DPRD Kota Cimahi Barkah Setiawan, dan Mantan Ketua KNPI Kota Cimahi Muhya Hadian.

Ketua KNPI Kota Cimahi, Yusuf Handriyana menyampaikan, dalam memperingati sumpah pemuda ini merupakan sejarah dari seluruh elemen di berbagai ras, budaya sehingga dapat bersatu dan dilandasi oleh kemerdekaan.

“Sumpah pemuda ini merupakan sejarah dimana titik tolak persatuan dan semangat di seluruh elemen dari berbagai ras, budaya, mereka bersatu, berkumpul dengan dilandasi oleh satu perasaan yang sama yaitu ingin kemerdekaan,” kata Yusuf, Kamis (28/10).

“Itulah titik awal dari perjuangan, kemerdekaan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan,” sambungnya.

Menurut Yusuf, para pemuda dapat menurunkan egonya serta menyesuaikan visi dan misinya bagaimana cara agar keutuhan dari bangsa Indonesia ini tetap bersatu dan maju.

“Pemuda ini menurunkan ego, mau menyamakan visi misi bagaimana bisa memerdekakan bangsa Indonesia ini,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, lanjut kata Yusuf, sebagai pemuda dapat merefleksikan semangat perjuangan dulu dapat dijadikan contoh untuk melanjutkan pembangunan pada bangsa ini.

“Bahwasanya kita merefleksikan semangat perjuangan dahulu ini bisa kasih contoh untuk melanjutkan estetika pembangunan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Yusuf berujar, sebagai anak muda dapat menjaga persatuan dan kesatuan antarsesama, menjaga NKRI, menjaga keutuhan Pancasila serta bertoleransi, ia pun menyampaikan sebagai pemuda harus mempersiapkan diri dalam menyambut perkembangan zaman yang tantangannya makin berat.

“Kita sebagai pemuda terus menjaga persatuan dan kesatuan ini harus kita jaga, menjaga NKRI, menjaga Pancasila juga terus toleransi. Yang pastinya kita harus mempersiapkan diri dalam menyambut demografis perkembangan zamannya yang tantangannya makin berat,” ujarnya.

Demikian, Yusuf berharap, para pemuda di Kota Cimahi lebih kreatif, inovatif, dan kolaboratif serta meningkatkan kompetensi dalam menyambut revolusi industri 4.0 dan 5.0

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan