Lurah Panmas Akui Warga Belum Maksimal Terapkan PHBS

DEPOK – Lurah Pancoran Mas (Panmas) terus gencar melakukan sosialisasi mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada warganya.

Dalam menyukseskan agenda tersebut, Kelurahan Panmas bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan, baik dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Panmas maupun lainnya.

Lurah Panmas, Mohammad Soleh menuturkan, Germas merupakan satu solusi di tengah upaya pemerintah meningkatkan kualitas hidup sehat masyarakat.

“Apalagi sekarang ini, di masa pandemi, penerapan hidup sehat sangat penting terutama dalam mencegah penularan Covid-19,” ujarnya, Kamis (28/10).

Ia mengatakan, sejauh ini warga di Kelurahan Panmas belum maksimal menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Dengan begitu, kata dia, sosialisasi Germas ini diharapkan dapat mengajak warga untuk menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

“Memang warga belum sepenuhnya mempraktikkan PHBS. Ini bisa dilihat dari kebiasaan sebagian warga yang masih membuang limbah rumah tangga ke kali atau sungai,” terangnya.

Untuk itu, Lurah Panmas berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi hidup sehat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran warga tentang manfaat dari menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-harinya.

“Dari materi sosialisasi khususnya tentang menjaga kebersihan diri dan lingkungan, cuci tangan, konsumsi nutrisi yang seimbang. Serta rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Diharapkan memberikan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya PHBS,” tandasnya. (Mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan