Pilkades, Incumbent Desa Cikahuripan Sumedang Ini Klaim Capaiannya di Periode Pertama Sudah 90 Persen

SUMEDANG – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Sumedang sebentar lagi masuki tahap pemungutan sekaligus penghitungan suara.

Karenanya, setiap calon kepala desa (cakades) saat ini tengah beristirahat usai kampanye beberapa waktu lalu alias sedang berada di masa tenang.

Terkait hal itu, salah satu cakades di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cimanggung bernama Uun yang merupakan incumbent mengaku siap maju sebagai pemimpin warga di periode kedua.

“Siapapun yang jadi pemimpin nantinya yang penting dapat membuat desa jadi mandiri dan warga sejahtera,” kata Uun di kediamannya, Senin (25/10).

Dia berujar, selama masa kepemimpinannya sebagai kades di Desa Cikahuripan kemarin, sudah cukup banyak pembangunan hingga pemberdayaan masyarakat yang terealisasi.

“Pembangunan jalan sudah banyak yang dibuat aspal, sudah gak tanah lagi. Pembinaan masyarakat juga sudah sering, BUMDes (sudah terbentuk),” ujarnya.

Alhamdulillah pemberdayaan masyarakat ada, pembangunan terus dilakukan, bisa dibilang sudah 90 persen dari rencana awal saya menjabat terealisasi,” tambahnya.

Uun menuturkan, selain gencarnya pembangunan desa serta pembinaan warga, dia mengaku untuk ketersediaan air bersih di Desa Cikahuripan sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Sarana air sudah ada 18 titik sumur bor, yang dulu Desa Cikahuripan sempat kekeringan alias sulit air, kini di tiap rumah sudah dapat merasakan manfaat air,” imbuhnya.

Bahkan Uun menegaskan, selama masa kepemimpinannya, untuk kebutuhan air bersih menjadi salah satu prioritas guna memberikan kenyamanan hidup warga.

“Kalau di satu RW sudah ada tiga sumur bor, tapi masih ada warga yang kurang air, maka saya tetap usahakan bahkan kalau perlu membuat sumur lagi,” ucap Uun.

Dia berharap, dengan memberikan fasilitas serta kebutuhan warga, maka diharapkan Desa Cikahuripan dapat menjadi daerah yang maju dan berkembang.

Alhamdulillah sekarang desa sudah bisa dibilang ada kemajuan. Saya harap Desa Cikahuripan bisa menjadi desa yang tidak hanya maju, tapi juga jadi desa yang mandiri,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan