US Army Datangi Kodam III/Siliwangi untuk Ajak Latihan Perang Gunung Hutan

BANDUNG – Batalyon Infanteri, Yonif  Raider 300/BJW bersama US Army Security Force Assistance Brigade (Pasukan keamanan Brigade Bantuan) melakukan latihan di daerah latihan Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Sabtu (23/10).

Mobile Training Team (MTT) Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army menerjunkan sebanyak delapan orang pasukan terpilih dengan dipimpin Major Eric Cannon.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan kunjungan pasukan dari Amerika ini adalah bentuk kerjasama untuk saling berbagi ilmu pertempuran.

“Untuk kegiatan latihan bersama di bawah kendali Danyonif Raider 300/BJW Letkol Inf Jani, dan mereka melaksanakan latihan selama 14 hari, dimulai pada 21 Oktober, hingga 7 November 2021 mendatang,” jelas Pangdam dalam keterangannya.

MTT SFAB US Army adalah para veteran perang Afganistan. Mereka berpengalaman dalam berbagai petempuran di gurun padang pasir.

Namun, untuk pertempuran dengan medan Gunung Hutan,Yonif Raider 300/BJW yang berada di kesatuan Kodam III/Siliwangi akan berbagi pengalaman bertempur di Gunung Hutan.

‘’Ya mereka akan berbagi pengalamannya tentang taktik bertempur di padang pasir. Sementara dari pihak US Army berharap ilmu pengetahuan tentang pertempuran hutan,’’kata Pangdam.

Latihan bersama ini juga untuk mempererat persahabatan antara kedua negara sampai dengan tingkat bawah terutama prajurit-prajurit yang ada di lapangan.

Dengan demikian akan timbul interaksi sosial yang lebih baik dalam melanjutkan kerjasama dimasa datang.

Selain berbagi ilmu taktik pertempuran, mereka juga akan melaksanakan olah raga bersama, yang tak kalah penting, mereka akan dibawa ke daerah wisata sekaligus mempromosikan bidang pariwisata yang ada di daerah Jawa Barat.

‘’Kita akan perkenalkan wisata yang ada di Jabar, agar mereka juga terkesan dan mempromosikannya kembali,’’ujar Pangdam.

Sementara itu, Kepala rombongan pasukan MTT, SFAB US Army Erick Canon mengaku,  kedatangannya ke Indonesia karena ada undangan oleh Kepala Staf angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI andika Perkasa.

‘’Jadi hari ini kami melaksanakan Courtessy Call (kunjungan kehormatan) di Kodam III/Slw, dimana saya sangat ingin memulai latihan beberapa minggu untuk berbagi materi latihan dan pengalaman,’’kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan