PORKAB Kabupaten Garut Resmi Dibuka, 42 Kecamatan Ambil Bagian

GARUTPekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Garut resmi dibuka Bupati Garut Rudy Gunawan. Perhelatan Olahraga untuk masyarakat kabupaten Garut itu diikuti oleh 42 kecamatan. yang diselenggarakan di lapangan olahraga kerkof, Minggu (24/10)

Dia mengatakan, dasar dari pelaksanaan Porkab Ini mengacu kepada undang-undang keolahragaan nasional tahun 2005 yang menyatakan bahwa setiap penyelenggaraan kejuaraan olahraga yang dilaksanakan pemerintah dan pemerintah daerah  wajib memperhatikan  tujuan keolahragaan serta prinsip kejuaraan keolahragaan.

‘’Kegiatan Porkab ini dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 24 oktober 2021 sampai dengan 30 Oktober 2021  dengan 26 cabang olahraga, panitia pelaksana 565 orang, wasit dan juri 417, official 1633 dan 6.098 atlet,’’sebut Ruddy kepada wartawan, Minggu, (24/10).

Untuk Porkab para atlet akan memperebutkan medali emas 654 keping, Medali Perak 654 keping dan medali perunggu 927.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin mengatakan, pelaksanaan Porkab merupakan bentuk  perhatian pemerintah daerah terhadap olahraga di Garut.

Porkab juga merupakan level terbatas, hal itu merupakan titik awal pembinaan atlet dalam prestasi yang akan dihasilkan nanti.

Dia menambakan, pada pelaksanaannya setiap Cabang Olah (Cabor) akan mengacu pada Protokol Kesehatan (Prokes) yang harus diterapkan.

Untuk para atlet yang megikuti Porkab harus sudah divaksin dan akan menjalankan Swab Tes PCR. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Selain itu, pada setiap pertandingan cabor, tidak boleh ada penonton dan dilarang melakukan kegiatan yang menibulkan kerumunan.

“ Saya berharap Porkab ini kita bisa mengidentifikasi bibit yang potensial, sehingga mereka menjadi unggulan di masa depan,” ujarnya.

Ketua KONI Jabar Ahmad Saipudin mengatakan,  saat ini jabar sedang bahagia karena gubernur mendapatkan predikat terbaik dalam olahraga.

“ Saya ingin menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan ini, mudah-mudahan kegiatan porkab menjadi tindak lanjut dari level berikutnya baik,” ujarnya.  (mg10/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan