Jawa Barat Membaca

Upaya lainnya, guna meningkatkan minat baca masyarakat Jawa Barat adalah dari sisi keluarga, dimana ibu/ayah harus membiasakan kegiatan mendongeng bagi putra-putrinya yang masih belum lancar membaca. Saat anak menjelang tidur, biasakan dibacakan dongeng yang menggugah imajinasi dan memupuk rasa ingin tau anak.

Yang harus dibiasakan juga di lingkungan keluarga adalah tersedianya bahan bacaan di rumah, bisa berupa buku, majalah, surat kabar, sehingga anak tertarik untuk membacanya dan semua bahan bacaan sudah tersedia di rumah.

Selain itu, upaya yang bisa ditempuh untuk meningkatkan minat baca adalah dengan mendiskusikan isi buku yang telah dibaca oleh anggota keluarga. Ayah atau ibu, bisa juga anaknya yang memprakarsai guna membahas isi buku yang telah dibaca, dan bisa mengimplementasikan dari hasil membaca buku tersebut.

Bila ada waktu luang atau pada saat libur, bersama keluarga dimanfaatkan untuk berbelanja buku baru sambil rekreasi menikmati suasana toko buku yang ramai dengan para pengunjung dengan berbagai jenis usia.

Yang tak kalah penting, dan harus dibiasakan di lingkungan keluarga, pada saat anak berulang tahun, naik kelas, atau berprestasi di suatu bidang, maka sebagai bentuk penghargaan kadonya diberikan hadiah buku.

Melalui berbagai upaya yang ditempuh, minat baca masyarakat Jawa Barat meningkat untuk “Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Bathin Dengan Inovasi dan Kolaborasi. Selamat Ulang Tahun GPMB.

#Penulis adalah Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, serta Dosen Luar Biasa Universitas Al-Ghifari Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan