7 Rumah Warga di Cimahi Rusak Dihantam Hujan dan Angin Kencang

CIMAHI – Sejumlah rumah di Kota Cimahi mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dalam dua hari terakhir, Jumat-Sabtu (22-23/10). Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban, hanya saja beberapa rumah atapnya ambruk.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penangulangan Bancana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, rumah yang mengalami kerusakan tersebar di beberapa kelurahan. Seperti di Kelurahan Leuwigajah 2 rumah, Kelurahan Padasuka 1 rumah, Kelurahan Cimahi 1 rumah, Kelurahan Citeureup 2 rumah, dan Kelurahan Cibabat 1 rumah.

“Iya ada beberapa rumah yang mengalami rusak ringan dan sedang, karena terkena angin kencang juga karena konstruksi yang sudah lapuk,” terang Kepala BPBD Kota Cimahi Asep Bahtiar pada Minggu (24/10).

Petugas BPBD Kota Cimahi langsung turun ke lapangan untuk melakukan assesmen. Selain itu, pihaknya juga mengirimkan sejumlah bantuan berupa tenda gulung, air mineral, famili kit, tikar, mie instan, karung, kebutuhan sandang, alat pel, dan lain-lain.

Selain itu, BPBD Kota Cimahi juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada, dikarenakan saat ini mamasuki musim hujan.

“Sekarang musim hujan yang selalu disertai dengan cuaca ekstrim. Dan hujan intensitas tinggi disertai angin kencang, yang menurut BMKG puncaknya terjadi di bulan November dan Desember 2021. Untuk itu agar selalu hati-hati dan waspada,” imbuhnya.

Untuk kerusakan rumah tersebut, kata Asep, akan ditindaklanjuti oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi. Apalagi, kata dia, pihaknya tidak memiliki anggaran terkait rehabilitasi rumah akibat bencana.

“Sesuai Permendagri 90 Tahun 2019 (Tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah), untuk program kegiatan terkait rehabilitasi rumah akibat bencana ada di DPKP,” ucapnya.

Salah satu rumah yang mengalami kerusakan berada di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan sebanyak 2 unit rumah, yakni rumah milik Otih di Kp. Cibogo RT 03/RW 07, dan rumah Nandi di Kp. Cibogo RT 06/RW 06

“Di Leuwigajah ada 2 rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang. Atap kedua rumah tersebut ambruk. Alhamdulillah ngga ada korban,” ungkap Kasi Sarana Prasarana dan Lingkungan Kelurahan Leuwigajah, Dini Gusniar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan