oleh

Ramai Dugaan Limbah Pabrik PT Budi Agung Sentosa Cemari Sungai, Begini Faktanya

RANCAEKEK – Sempat beredar sebuah video yang menyebut PT Budi Agung Sentosa membuang limbah pabrik ke saluran sungai Cimande yang merupakan anak sungai Citarum, beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan video tersebut, dijelaskan bahwa PT Budi Agung Sentosa membuang cairan berwarna hitam pekat yang diduga merupakan limbah dari pengolahan tekstil.

Diketahui, PT Budi Agung Sentosa yang berdiri di wilayah Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung itu merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang tekstil dan produk utamanya yaitu gorden.

Terkait hal tersebut, PT Budi Agung Sentosa pun didatangi oleh tim gabungan yang terdiri dari Satgas Citarum Harum, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, DLH Kabupaten Bandung serta Penyidik Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Unit 3 Ditreskrimsus Polda Jabar.

Diketahui, Penyidik Subdit IV Tipiter Unit 3 bertugas fokus dalam persoalan lingkungan, sehingga dapat melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus kejahatan yang berkaitan dengan kesehatan, pelanggaran di bidang konservasi sumber daya alam serta pelanggaran pada bidang cagar budaya.

Saat dikonfirmasi, General Manager PT Budi Agung Sentosa, Hayun Basyar membenarkan, pengolahan limbah pabriknya telah diperiksa oleh tim gabungan.

“Tipiter Krimsus Polda Jabar, DLH Jabar, DLH Kabupaten (Bandung) dan Satgas Citarum Harum ke sini mengecek pengolahan limbah,” kata Hayun kepada Jabar Ekspres di lokasi, Jumat (21/10).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga