oleh

BPBD Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Lembang

NGAMPRAH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendistribusikan bantuan logistik bagi warga Lembang yang terdampak bencana banjir bandang beberapa hari lalu.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, selama dua pekan terakhir sejumlah bencana longsor dan banjir terjadi di wilayahnya. Bantuan logistik tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan warga.

“Terkait dengan beberapa kejadian bencana di wilayah kami telah mendistribusikan bantuan logistik terutama di wilayah Lembang khususnya di desa Cikole itu di RW 9 kemudian RW 6,” kata Duddy saat ditemui, Jumat (22/10).

Baca Juga:  DPP PMPR Menduga Ada Pelanggaran Alih Fungsi Lahan Sehingga Menyebabkan Banjir Bandang Garut

Ia menambahkan, pihaknya langsung melakukan assessment ke sejumlah titik bencana yang ada di Lembang dan wilayah lainnya. Kemudian melakukan penanganan darurat untuk mengantisipasi bencana susulan.

“Yang terparah itu di RW 9 Desa Cikole Lembang ada 23 rumah yang terdampak dari banjir bandang. Kita menutup tebing itu dengan menggunakan terpal dan juga karung,” katanya.

Duddy menyebut, sejauh ini salah satu penyebab banjir bandang tersebut ditenggarai lantaran fungsi drainase yang tidak maksimal. Diperparah dengan sedimentasi dan pemanfaatan lahan resapan air di hulu Kawasan Bandung Utara (KBU).

Baca Juga:  Pohon Keras Harus Banyak Ditanam untuk Antisipasi Banjir di Garut

“Jadi hari itu juga memang sudah surut dan masyarakat dibantu TNI Polri dan damkar kita lakukan penyemprotan dari sejak terjadinya banjir bandang,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga