oleh

Pemerintah Berkomitmen untuk Memperhatikan Masalah Perubahan Iklim

JAKARTA – Pemerintah akan selalu memberikan perhatian khusus untuk masalah lingkungan dan dampak perubahan iklim yang sedang terjadi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan Indonesia berkomitmen untuk mendorong kerja sama dengan Uni Eropa dalam memperkuat ambisi penanganan dampak perubahan iklim di Indonesia.

‘’Kerja sama global penting dilakukan untuk memastikan aspek ketersediaan dan keterjangkauan dalam pengembangan energi baru dan terbarukan,’’ujar Menko Airlangga dalam keterangannya pada pertemuan dengan Executive Vice-President of the European Commission, H.E. Mr. Frans Timmermans di Jakarta (19/10) dalam rangka membahas prioritas dan posisi/kebijakan Indonesia di COP26 Glasgow.

Baca Juga:  Australia Akhirnya Izinkan Warganya Lakukan Perjalanan ke Indonesia

Menurutnya, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki sumber daya yang mampu memberikan banyak kontribusi pada penanganan dampak perubahan iklim global.

Peningkatan kemitraan dan kerja sama global penting dilakukan untuk meningkatkan kapasitas adaptasi dan ketahanan, terutama bagi negara yang rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Indonesia menjadi Co-Chair pada COP26 Fact Dialogue bersama Inggris sejak April 2021. Pertemuan COP26 akan membahas isu-isu prioritas seperti penguatan komitmen pengurangan emisi, adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Baca Juga:  Pemerintah Kembali Luncurkan BLT dan Kartu Sembako untuk Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem

Selain itu peningkatkan kolaborasi internasional dalam kampanye COP26 terkait transisi energi, aksi iklim berbasis alam, dan transportasi bersih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga