oleh

Dewan Sayangkan Sikap Pemkot Bandung yang Tak Sediakan ‘Kadeudeuh’ Atlet PON

BANDUNG – Terkait dengan adanya pernyataan dari Wali Kota Bandung, Oded M Danial yang mengatakan bahwa tidak ada bonus atau kadeudeuh bagi para atlet asal Kota Bandung yang telah berprestasi dalam Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Achmad Nugraha menyayangkan hal tersebut. Sebab, menurutnya pernyataan yang dikatakan oleh Oded dinilai tidak bijak.

“Kalau menyampaikan seperti sayang disayangkan sebagai Wali Kota, apapun kadedeuh harus diberikan kepada atlet-atlet yang berprestasi yang telah membawa nama baik Jawa Barat khususnya yang berasal dari Kota Bandung,” ucapnya saat dihubungi, Selasa, (19/10)

Mengenai hal tersebut, Achmad juga mengungkapkan bahwa bonus bagi atlet yang telah berprestasi,merupakan hal yang lumrah. Pasalnya lanjut dia, mereka yang berprestasi telah memberikan kontribusi dalam mengharumkan nama Jawa Barat khususnya bagi Kota Bandung.

Setidaknya, ada 107 atlet asal Kota Bandung beprestasi yang mewakili Jawa Barat pada PON Papua 2021. Bahkan, Prestasi yang diukir berupa 35 Emas 34 Perak, dan 38 perunggu.

“Pemkot Bandung berkewajiban memerhatikan atlet-atlet berprestasi tersebut, jangan nama baiknya saja yang kita terima, tapi hasil peluh keringat mereka, peluh prestasi mereka tidak diperhatikan,” ugkapnya.

Sementara itu, kabar tak adanya bonus bagi para atlet asal Kota Bandung yang mewakili Jawa Barat pada PON XX Papua 2021 ramai diperbincangkan di media sosial dan media massa.

Sebelumnya diketahui bahwa Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan tidak punya anggaran khusus untuk diberikan kepada atlet asal Kota Bandung yang telah berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

“Kadeudeuh untuk atlet, belum ada anggaran nanti kita lihat perkembangan,” ucap Oded M Danial pada Senin, 18 Oktober 2021.

Padahal, sebelumnya Oded pernah menyebut atlet peraih medali akan diberi ‘kadeudeuh’ atau bonus sepulang dari pagelaran PON di Papua.

“Sudah diberikan bekal di sana untuk para atlet dan pelatih. InsyaAllah selesai pelaksanaan PON yang juara akan dapatkan kadeudeuh, diberikan setelah pulang dari sana (PON Papua),” kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Kamis (9/9) lalu.

Sementara itu, menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan bahwa atlet-atlet yang berprestasi asal Kota Bandung mewakili Jawa Barat. Sehingga, apresiasi kepada mereka merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Itu kan PON, bukan Porda kalau PON mudah-mudahan ada dari provinsi,” ujar Ema.

Namun, Ema menambahkan pihaknya akan memberikan pelayanan optimal bagi para atlet saat tiba kembali ke Kota Bandung.

“Atlet sudah disiapkan hotel supaya lebih representative kita berikan yang terbaik, begitu juga dari sisi lokasi selama masa karantina,” ucapnya.

Seperti diketahui, Provinsi Jawa Barat telah mengirimkan sebanyak 1.115 orang untuk melakoni PON XX 2021 di Papua. Bahkan diantaranya, 301 orang berasal dari Kota Bandung yang terdiri dari 214 atlet, 75 pelatih, satu orang mekanik, dan 16 orang manager. (Mg4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga