Disrumkim Depok Dorong Sekolah Biasakan Pola Hidup Bersih

DEPOK – Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok terus mendorong sekolah-sekolah yang ada di Depok untuk membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Kepala Disrumkim Kota Depok, Dudi Mi’raz mengatakan pihaknya saat ini tengah mengajak pihak sekolah agar senantiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Termasuk dirinya juga meminta agar disediakan fasilitas penunjang program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang kini mulai disosialisasikan ke sekolah-sekolah.

“Pertama kita patut mengapresiasi upaya dari pihak sekolah maupun penegelola pendidikan yang telah menyediakan sarana prasarana (sarpras) sekolah penunjang program Germas. Ini merupakan sebuah langkah positif di tengah antisipasi penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan sekolah,” katanya, Selasa (19/10).

Dia mencontohkan, saat ini Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 14 Depok, Kelurahan Duren Seribu yang sudah mulai menyiapkan segala sarpras penunjang Germas.

“Sejumlah sarpras pemunjang Germas bisa dilihat di SMPN 14 Depok berkat adanya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan penyediaan 26 wastafel atau tempat cuci tangan yang tersedia di masing-masing lantai serta di depan kelas,” ujarnya.

Dia pun mengimbau agar praktik cuci tangan dengan memakai sabun juga dijadikan kebiasaan di masa pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka Sementara (PTMT) ini.

“Pembiasaan diri untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir penting untuk diterpkan seiring disosialisasikannya Germas di sekolah-sekolah,” tandasnya.

Dia pun berharap dengan diterapkannya kebiasaan baru ini mampu menekan perkembangan kasus Covid-19 di Kota Depok khususmya di masa PTMT ini. (Mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan