Soal Bonus untuk Atlet PON, Pemkot Bandung Ungkap Belum Ada Anggaran 

BANDUNG – Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 yang berlangsung di Papua telah terselenggara dengan maksimal. Dihadiri pejabat negara, seremoni yang semarak dengan penampilan musisi papan atas pun secara resmi menutup rangkaian pekan olahraga tersebut.

Mengulang suksesnya tahun 2016 lalu, Jawa Barat kembali keluar sebagai Juara Umum PON. Tercatat, skuad dari Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih 353 medali. Terdiri dari 133 medali emas, 105 medali perak, dan 115 perunggu. Dari kontingen Jabar tersebut, 30 persen atletnya berasal dari Kota Bandung.

Atas keberhasilan para atlet, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun berencana memberikan bonus atau kadeudeuh bagi atlet Bandung yang berhasil membawa medali.

Namun, saat dikonfirmasi ke Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, pihaknya belum memiliki anggaran untuk pemberian bonus tersebut.

“Kadeudeuh untuk atlet, belum ada anggaran. Nanti kita lihat perkembangannya,” ujarnya di Balaikota Bandung, Senin (18/10).

“Jadi anggaran di akhir sekarang, akan dibicarakan. Karena di anggaran 2021 tidak teranggarkan,” tambahnya.

Menanti Anggaran Bonus untuk Atlet PON Bandung

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengharapkan akan ada anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk realisasi pemberian bonus bagi atlet Bandung yang berlaga di PON XX Papua.

“Jadi itu kan PON bukan Porda (Pekan Olahraga Daerah). Kalau PON mudah-mudahan ada dari Provinsi,” ungkapnya.

Kendati demikian, meskipun belum ada anggaran untuk bonus, Ema menambahkan, pihaknya akan memberikan pelayanan optimal bagi para atlet setibanya mereka di Bandung.

“Atlet sudah disiapkan hotel supaya lebih representatif. Kita berikan yang terbaik dan begitu juga dari sisi lokasi selama masa karantina,” ucapnya.

Dia menuturkan, karantina bagi para atlet PON tersebut akan dilakukan dalam waktu 5 hari.

“Masa karantina sekitar 5 hari, semoga semua lancar,” tuturnya.

Sementara itu, untuk diketahui, Kota Bandung mengirimkan 214 atlet untuk bergabung ke dalam kontingen Jawa Barat selama penyelenggaraan PON XX Papua tahun 2021.

Diketahui, sebanyak 1.115 orang atlet dan ofisial yang tergabung dalam kontingen Jawa Barat, 306 orang berasal dari Kota Bandung. Perwakilan dari Kota Bandung tersebut terdiri dari 214 atlet, 75 pelatih, 1 orang mekanik, dan 16 orang manager. (Mg4).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan