oleh

Presiden Minta Kemkominfo Tak Beri Izin Pinjol Baru

 JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), pihaknya bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan melakukan moratorium atau penundaan penerbitan izin kepada financial technology (fintech) pinjaman online (pinjol) baru.

“Karenanya Kominfo juga akan melakukan moratorium penerbitan penyelenggara sistem online untuk pinjaman, penyelenggara sistem elektronik untuk pinjaman online yang baru,” ujar Johnny usai rapat dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (15/10).

Baca Juga:  Sidang Praperadilan Kasus Pinjol Ilegal Ditunda, Begini Kata Kuasa Hukum Tersangka

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem ini menuturkan, sebanyak 68 juta rakyat Indonesia telah memiliki akun fintech pinjol tersebut. Bahkan lebih dari Rp 260 triliun omzet atau perputaran dana. Sehingga hal ini menjadi perhatian bagi pemerintah.

“Bapak Presiden menekankan itu bahwa tata kelola pinjaman online harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik mengingat telah ada lebih dari 68 juta rakyat yang mengambil bagian atau akun di dalam aktivitas kegiatan financial technology kita,” katanya.

Baca Juga:  WNA Tiongkok yang Jadi Bos Pinjol Ilegal Kena Pasal Berlapis, Terancam 20 Tahun Penjara

Johnny juga menuturkan, saat ini terdapat 107 pinjol legal yang terdaftar oleh OJK. Bahkan, Kominfo sejak tahun 2018 sampai dengan 15 Oktober 2021 ini telah menuntup 4.874 akun pinjol ilegal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga