oleh

Pemerintah Terapkan Strategi Ekspor Minyak Sawit dan Batubara Agar Memiliki Nilai Tambah

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan untuk memberikan nilai tambah kepada barang untuk ekspor.

Menindaklanjuti instruksi tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  mengatakan, kebijakan tersebut merupakan strategi perdagangan yang dilakukan terhadap barang ekspor agar memiliki nilai tambah.

Menurutnya, sejauh ini Indonesia merupakan eksportir Batubara terbesar kedua di dunia dan merupakan eksportir terbesar pertama di dunia untuk komoditas minyak kelapa sawit.

‘’Peranan penting Indonesia pada kedua komoditas tersebut tentu sangat menentukan pasokan dunia,’’kata Menko Airlangga dalam keterangannya, (16/10).

Baca Juga:  Program BSU Segera Cair, Begini Cara Mengeceknya

Di tengah permintaan yang tinggi, Pemerintah berhasil menyusun strategi kebijakan manajemen pasokan ekspor yang optimal.

Disisi lain pasokan Batubara tetap terjaga melalui stabilitas stok domestik dan penetapan Domestic Market Obligation (DMO) bagi produsen batubara sebesar 25%.

‘’Kebijakan ini memiliki dampak positif dalam menjaga momentum tren kenaikan harga global komoditas tersebut,’’ucap Airlangga.

DMO saat ini mampu mendorong pengembangan produk hilir Batubara melalui ketersediaan bahan baku domestik untuk pengembangan produk gasifikasi, liquifikasi, briketisasi, dan berbagai pengembangan produk batubara lainnya.

Baca Juga:  Menko Airlangga Apresiasi Peran TNI dan Polri, Satgas Covid Jangan Kendor

Selain itu, untuk komoditas minyak kelapa sawit, strategi kebijakan Pemerintah melalui penetapan tarif progresif pada Pungutan Ekspor (PE).

‘’Komoditas sawit juga diindikasi menjadi faktor kunci dalam manajemen pasokan dunia dan menjaga tren momentum kenaikan harga komoditas tersebut,’’ucap  Airlangga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga