oleh

Perhelatan Superbike di Sirkuit Mandalika Akan Berikan Efek Positif Ekonomi

LOMBOK – Menyambut digelarnya event World Superbike (WSBK) dan beroperasinya Mandalika International Street Circuit (MISC), Menteri Koordinator Airlangga Hartarto optimis bahwa event balap tersebut akan memberikan manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi.

Gelaran ini akan mendorong eksposur pariwisata Indonesia di Lombok Tengah yang memiliki potensi wisata. Untuk mendukung even ini, perlu disipakan sarana insfrastruktur yang lengkap termasuk bandara yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menurutnya, dalam proyek tersebut adalah fasilitas Terminal dan Landside, termasuk perluasan terminal dan fasilitas penunjangnya, renovasi terminal eksisting, pengembangan fasilitas kargo, dan pembangunan Waving Gallery dan perluasan parkir penumpang.

‘’Dibangun juga fasilitas Airside yang terdiri atas perpanjangan runway, dan pengembangan fasilitas sisi udara (apron dan RET),’’kata menko Airlangga dalam keterangannya, Kamis, (14/10).

Dia mengatakan, proses renovasi tersebut dapat selesai sebelum penyelenggaraan World Superbike 2021 di Mandalika. Sebab, bandara merupakan salah satu pintu masuk utama bagi semua pihak yang terlibat, termasuk para penonton event megah tersebut.

Kapasitas bandara ini bisa menerima 7 juta penumpang per tahun. Akses dari Bandara menuju KEK Mandalika juga akan semakin cepat dan nyaman, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan kesiapan Bypass BIL-Mandalika sepanjang 17,3 kilometer yang pembangunan fisiknya sudah mencapai 97%.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga