oleh

Keren, Kawasan Kumuh Cipanyir Kota Tasikmalaya Disulap Jadi Instagramable

TASIKMALAYA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan kawasan kumuh di Kelurahan Cipedes dan Kelurahan Panyingkiran (Cipanyir), Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Kawasan kumuh itu disulap menjadi kawasan yang tertata rapi, bersih dan serta mampu mendorong peningkatan perekonomian bagi masyarakat penghuninya karena kawasan itu saat ini menjadi kampung wisata.

Program penataan kawasan kumuh itu dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Barat, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya. Penataan Kawasan Cipanyir bermula dari kegiatan penataan Permukiman Kumuh Perkotaan (PKP) skala lingkungan melalui program Padat Karya Tunai (PKT) Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) pada 2018-2019.

Baca Juga:  BRI dan BP Tapera, Sinergikan Ekosistem Pembiayaan Rumah Murah

Program itu kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan peningkatan kualitas permukiman kumuh skala kawasan. Problem kepadatan dan ketidakberaturan permukiman serta minimnya infrastruktur yang menyebabkan kawasan ini menyandang predikat kumuh, kemudian dibenahi.

Salah satu spot di kawasan Cipanyir yang ditata oleh BBPW Jabar. Selain sungai menjadi rapi dan bersih, terdapat pula spot untuk swafoto yang instagramable (Birkompu)

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat, Ditjen Cipta Karya Oscar R.H. Siagian menyampaikan, penataan Kawasan Cipanyir mulai dilaksanakan sejak Desember 2020 dan telah diselesaikan pada Agustus 2021. Diharapkan dengan selesainya penataan skala kawasan dapat mewujudkan lingkungan di Cipanyir menjadi kawasan yang terbebas dari kekumuhan dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga