oleh

Ada Peninggalan Sejarah Kolonial Hindia Belanda di Kampung Cigumentong Sumedang

SUMEDANG – Berbagai macam peninggalan sejarah Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda berserakan di setiap penjuru Tanah Air.

Salah satunya ada di Kampung Cigumentong, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Kampung yang terbilang terpencil itu berlokasi tepat di tiga perbatasan Kabupaten Garut, Sumedang dan Kabupaten Bandung.

Uniknya, Kampung Cigumentong yang menyimpan sejarah Kolonial Hindia Belanda selama Indonesia merdeka, baru saat ini dapat merasakan nikmatnya manfaat listrik.

Baca Juga:  Wujudkan Indonesia Maju di Masa Depan dengan Belajar Sejarah

Kampung Cigumentong dapat dikatakan terpencil, sebab lokasinya yang berada di Kawasan Gunung Kareumbi membuat wilayah tersebut jarang dijamak oleh orang luar.

Daerah yang dikelilingi oleh pepohonan besar alias dekat dengan hutan menjadikan Kampung Cigumentong sedikit diketahui oleh orang luar Sumedang.

Diketahui, Kawasan Gunung Kareumbi merupakan wilayah Hutan Konservasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

Terkait peninggalan sejarah Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda, Tokoh Masyarakat sekaligus Pemangku Adat Kampung Cigumentong, Jai Suryana mengaku, sejak tahun 1884 lalu, Kampung Cigumentong sudah dihuni oleh manusia.

Baca Juga:  Wujudkan Indonesia Maju di Masa Depan dengan Belajar Sejarah

“Pada tahun 1919, ketika Indonesia memasuki masa penjajahan, seorang Administratur dari Pemerintah Hindia Belanda datang ke kampung ini,” ujar Jai kepada Jabar Ekspres di Kampung Cigumentong, Selasa (5/10).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga