Rayakan Hari Batik Nasional, Simak Deretan Konten Inspiratif di SnackVideo

JAKARTA – Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, berikut highlight beberapa konten inspiratif dari kreator-kreator SnackVideo yang ingin turut melestarikan batik di era digital lewat tagar #SnackMencariDutaBatik, #SeniBatik, #BatikDance #BatikFashion, dan #InfoBatik.

Merias Wajah dengan Motif Batik

Euforia Hari Batik Nasional disuguhkan oleh kreator Wiwied Ineray dengan mengunggah video tutorial make up menggambar motif batik pada wajahnya.

Foto: Konten merias wajah dengan motif batik oleh Wiwied Ineray
Foto: Konten merias wajah dengan motif batik oleh Wiwied Ineray

Pada video ini, Wiwied memperlihatkan proses menggambar sebuah motif batik bunga geometris dengan warna biru tosca pada salah satu sisi wajahnya dengan mendetail. Tak hanya itu, Wiwied juga menyelaraskan riasan wajah dengan menggunakan pakaian batik yang senada.

Konten ini dapat menginspirasi para beauty enthusiast untuk berpartisipasi melestarikan budaya Indonesia ke dalam bentuk karya yang kreatif dan unik dengan make up sebagai medianya.

Membatik menggunakan Henna

Ternyata membatik tidak hanya bisa dilakukan dengan canting dan malam (lilin), namun juga bisa menggunakan Henna. Sejak ribuan tahun yang lalu, Henna sudah digunakan sebagai alat melukis tubuh dan kain di beberapa negara Asia seperti India, Pakistan hingga negara-negara Timur Tengah. Di Indonesia pun, Henna juga cukup terkenal dan sering digunakan dalam beberapa acara.

Foto: Konten membatik menggunakan henna oleh Aliyah Lahdji
Foto: Konten membatik menggunakan henna oleh Aliyah Lahdji

Kreator Aliyah Lahdji sukses mencampurkan budaya khas Timur Tengah dengan budaya Indonesia dalam sebuah karya lukisan lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila dengan corak batik dengan menggunakan Henna. Tidak hanya itu, Aliyah juga melukis motif batik lainnya pada sebuah tas dengan menggunakan Henna.

Lestarikan Batik Lewat Tarian

Platform video pendek memang dikenal oleh masyarakat sebagai wadah para kreator untuk menyalurkan minat dan bakat, khususnya menari. Dengan durasi yang pas dan pilihan musik yang beragam, kreator dapat dengan kreatif menciptakan sebuah konten dengan gerakan tari yang baru dan alunan musik masa kini.

Foto: Kreator Sanggar Tari Mutiara, Echa Laksmi, dan Elsi Sastia UM di SnackVideo
Foto: Kreator Sanggar Tari Mutiara, Echa Laksmi, dan Elsi Sastia UM di SnackVideo

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan