Rayakan Hari Batik Nasional, Simak Deretan Konten Inspiratif di SnackVideo

Tak mau ketinggalan tren, kreator dan sekaligus penari tradisional asal Bali, Echa Laksmi, turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian batik dengan membuat video tarian bersama anak didiknya diiringi alunan musik masa kini yang di-remix dengan nuansa tradisional. Dalam videonya, Echa menari tarian daerah sambil menggunakan pakaian dari berbagai jenis kain batik.

Selain Echa, sebuah sanggar tari bernama Sanggar Tari Mutiara yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat, juga turut menyemarakkan Hari Batik Nasional dengan mengunggah video tari jaipong sambil mengenakan pakaian dari kain batik.

Tarian ini diiringi lagu masa kini yang dicampurkan dengan alunan khas Indonesia, sukses membuat tarian tradisional menjadi lebih modern dan dinamis. Kamu dapat mengapresiasi video mereka dengan mengakses video mereka di sini.

Tak hanya itu, seorang penari, koreografer sekaligus kreator bernama Elsi Sastia juga berpartisipasi untuk merayakan Hari Batik Nasional. Tak tanggung-tanggung, Ia bersama rekannya mengunggah video berdurasi satu menit yang menampilkan tari-tarian tradisional dari 34 provinsi di Indonesia sekaligus, sambil menggunakan pakaian bernuansa batik. Video Elsi Sastia membuat kita semakin menyadari betapa beragam dan indahnya kebudayaan Indonesia. Ingin melihat secara langsung?

Bercerita Sejarah Batik Lewat Video Pendek

Batik punya segudang cerita, makna, dan sejarah. Hal ini menginspirasi kreator bernama Soffi Ruchaefi untuk merayakan Hari Batik Nasional dengan membuat konten cerita sejarah Batik.

Foto: Bercerita sejarah batik oleh Soffi Ruchaefi
Foto: Bercerita sejarah batik oleh Soffi Ruchaefi

Dalam videonya, Soffi bercerita mengenai batik yang sudah ada pada zaman kerajaan Majapahit.

“Sejak saat itu, seni batik mulai beredar luas di Indonesia yang pada saat itu dikenal sebagai Nusantara,” ujar Soffi.

Ia menambahkan, pada zaman dahulu batik sempat hanya boleh digunakan oleh anggota kerajaan.

“Namun, seiring dengan berjalannya waktu, batik sudah dapat digunakan oleh masyarakat luas hingga saat ini,” tambah Soffi.

Menggambar Batik di Roti

Biasanya kita hanya melihat motif batik yang digambar pada sebuah benda seperti kain, pakaian, tas dan aksesoris lainnya, namun siapa yang menyangka bahwa motif batik bisa digambar di makanan, seperti roti.

Tinggalkan Balasan