Target Vaksinasi Sudah 50 Persen, Begini Klaim Sekda KBB

NGAMPRAH – Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) mengklaim capaian vaksinasi Covid-19 di bulan September ini sudah mencapai 50 persen. Capaian itu sesuai dengan target yang ditentukan.

Capaian itu terjadi lantaran dalam dua pekan terakhir Pemda KBB secara masif melakukan gebyar vaksinasi Covid-19 di berbagai tempat termasuk di kecamatan, desa, puskesmas, dan area publik lainnya.

“Target vaksinasi 50 persen di bulan September telah kami capai kerena kita kebut gebyar vaksinasi. Beberapa hari kemarin sampai 20 ribu sasaran sehari,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin, Minggu (3/10).

Setelah target 50 persen tercapai di bulan September, pihaknya saat ini terus meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 supaya bisa memenuhi target 70 persen pada bulan Desember mendatang.

Asep menyebut saat ini pihaknya juga menjemput bola dengan menggagas program Motor Jemput Lansia (Mojela). Melalui program tersebut lansia bakal dijemput langsung supaya bisa tersentuh vaksinasi Covid-19.

“Dinas Kesehatan meluncurkan program Mojela atau motor jemput lansia. Jadi lansia di Bandung Barat akan dijemput untuk vaksinasi Covid-19,” tuturnya

Setiap motor dari Pemda KBB ditargetkan bisa membawa 100 orang lansia setiap harinya untuk melakukan vaksinasi ke tempat terdekat sehingga akselerasi vaksinasi terus terjadi.

“Harapannya dengan program jemput bola tersebut target vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen di Desember mendatang nanti,” ujar Asep.

Akselerasi vaksinasi Covid-19 di KBB sendiri mulai terlihat sejak pertengahan September 2021. Saat itu serbuan vaksinasi secara masif digelontorkan dari tingkat kabupaten hingga desa. Sehingga persentase vaksinasi yang awalnya baru sekitar 20 persen dalam dua minggu bisa naik mencapai 50 persen.

“Ketersediaan stok vaksin juga aman karena terus disuplai oleh pusat. Ditambah pelaksanaannya ditunjang juga oleh TNI/Polri sehingga dengan sudah bisa 50 persen di bulan September. Kami optimis di akhir tahun target 70 persen bisa tercapai,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan