Bersihkan Lingkungan, Desa Cicalengka Wetan Bersama BBBS Fokuskan Saluran Air Sungai Citarum

CICALENGKA – Musim penghujan semakin mendekat. Persiapan supaya tidak terjadi banjir dilakukan oleh setiap daerah.

Antisipasi memasuki musim penghujan, Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung fokuskan gotong royong bersihkan lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Desa Cicalengka Wetan, Ardhi Saehari. Dia mengaku, kegiatan kerja bakti sudah menjadi aktivitas rutin, namun untuk saat ini digencarkan di wilayah RW15.

“Kemarin ada laporan dari wilayah RW15 pas awal hujan sekitar tiga minggu ke belakang untuk kerja bakti desa diarahkan ke RW15,” kata Ardhi kepada Jabar Ekspres melalui panggilan telepon, Selasa (28/9).

Dia berujar, kesigapan pihak desa bersama warga dalam gotong royong membersihkan lingkungan di RW15 dibantu oleh para kader Bandung Bedas Bersih Sampah (BBBS).

“Kita bersama BBBS juga, pembersihan di jalur irigasi utama Citarum, cucu sungai Citarum,” pungkas Ardhi.

Ardhi menerangkan, kegiatan bersih-bersih sampah terutama di jalur aliran air bukan kali pertama dilakukan pada September 2021.

“Kita sudah tiga kali season bersama BBBS, kegiatan rutin kerja bakti membersihkan lingkungan,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya, Ardhi menuturkan, kegiatan membersihkan lingkungan yang dilakukan pihak desa dan warga juga bersama BBBS menjadi aktivitas rutin satu kali dalam sepekan.

Gotong royong tersebut dijelaskan Ardhi digencarkan dengan tujuan sebagai antisipasi menghadapi musim penghujan supaya aliran air tak tersumbat dan tidak mengakibatkan banjir.

“Alhamdulillah antisipasi dilakukan supaya tidak ada sumbatan di saluran air terutama di cucu sungai Citarum yang berdekatan dengan wilayah desa,” ucap Ardhi.

“Supaya tidak banjir ketika hujan sudah mulai intens di musim hujan nanti, jadi persiapan lingkungan dilakukan,” tutupnya. (mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan