Baltos Menjadi Pasar Uji Coba Penerapan Aplikasi PeduliLindungi di Bandung

BANDUNG – Penerapan aplikasi PeduliLindungi di Kota Bandung kini telah menyasar ke wilayah pasar-pasar modern. Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, diterapkan hal tersebut merujuk pada arahan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Elly mengklaim sudah wewajibkan aplikasi PeduliLindungi untuk semua perusahaan ritel, dan uji coba pertama penerapan aplikasi PeduliLindungi di Kota Bandung berada di Pasar modern Balubur Town Square (Baltos).

“Memang itu sudah ada arahan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) bahwa yang mempergunakan aplikasi PeduliLindungi itu di Mall itu sudah semuanya dan juga ritel, toko modern kecuali Mini market, itu sudah semuanya. Dan untuk di Pasar ini baru diuji coba di pasar modern Baltos,” ucapnya saat ditemui di Baltos, Selasa (28/9).

Elly mengungkapkan, dengan dipilihnya Pasar modern Baltos untuk menerapkan uji coba aplikasi PeduliLindungi bagi para pedagang dan pengunjung dikarenakan akses masuk yang sangat sedikit.

Selain itu, ia juga menambahkan, seluruh pedagang yang ada di Baltos sudah mendapatkan vaksin.

“Jadi (Baltos) ini kan pertama, akses masuknya jelas. Tidak seperti pasar lainnya seperti contoh; Pasar sederhana, itu kan kurang lebih akses masuknya ada 15, jadi untuk penerapan (PeduliLindungi) di situ agak kesulitan juga,” ungkapnya

“Dan yang kedua, di Baltos itu jumlah pedagangnya sebagian besar sudah divaksin, jadi begitu aplikasi PeduliLindungi ini diterapkan maka mereka (pedagang) karena sudah divaksin tidak akan kesulitan untuk berdagang,” tambahnya.

Sementara itu, diketahui bahwa penerapan uji coba aplikasi PeduliLindungi di Pasar modern ini karena adanya usulan dari Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) kepada Kemendag yang dimana penerapan uji coba tersebut akan menyasar enam pasar tradisional di berbagai daerah yang ada di Pulau Jawa seperti di Pasar Mayestik (Jakarta), Pasar Blok M (Jakarta), Pasar Baltos (Bandung), Pasar Modern BSD (Tangerang Selatan), Pasar Modern 8 Alam Sutera (Tangerang), dan Pasar Wonodri (Semarang).

Dengan adanya hal tersebut, Elly mengungkapkan bahwa adanya uji coba penerapan aplikasi PeduliLindungi di Baltos bisa menjadi contoh bagi 34 pasar lainnya di Kota Bandung untuk menerapkan hal serupa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan