Keren! Peringati Hari Rabies Sedunia, Kelurahan Rancaekek Kencana Selenggarakan Vaksin Hewan Gratis

RANCAEKEK – 28 September merupakan sebagai Hari Rabies Sedunia. Pada momen tersebut, Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung peringati dengan menyelenggarakan vaksinasi bagi hewan secara gratis.

Lurah Rancaekek Kencana, Irwan Hardiansyah menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi rabies bagi hewan dilakukan dengan berkolaborasi bersama pihak lain.

“Alhamdulillah kegiatan ini terselenggaran berkat kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung,” kata Irwan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/9).

Dia melanjutkan, kerjasama tersebut juga dilakukan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jabar 2 serta Prodi Kedokteran Unpad.

Irwan berujar, peringatan Hari Rabies Sedunia ini dijadikan sebagai edukasi bagi masyarakat mengenai bahayanya penyakit rabies dan pentingnya memberikan vaksin bagi hewan supaya peliharaan kesayangan dapat hidup sehat.

“Bagi warga yang memiliki hewan yang rentan berpotensi berpenyakit rabies seperti kucing, anjing dan kera,” pungkasnya.

Irwan menjelaskan, vaksinasi hewan tersebut merupakan kegiatan yang menaungi tiga daerah yaitu Kecamatan Rancaekek, Majalaya dan Selokan Jeruk.

“Karena World Rabies Day ini memang gebyar tingkat Kabupaten Bandung yang dipusatkan di Kelurahan Rancaekek Kencana,” imbuh Irwan.

“Dan pelaksanaan hari ini pelaksananya dari Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) Majalaya,” tambahnya.

Diketahui, Puskeswan Majalaya membina tiga wilayah yaitu Kecamatan Rancaekek, Selokan Jeruk dan Kecamatan Majalaya.

“Menurut laporan, untuk gebyar Hari Rabies Sedunia ini sekitar 350 dosis vaksin bagi kucing, anjing ataupun kera yang disediakan,” ucap Irwan.

Dalam pemaparannya, Irwan menegaskan, pelaksanaan vaksinasi bagi hewan tersebut juga boleh dikunjungi bagi warga luar dari tiga kecamatan yang dibina oleh Puskeswan Majalaya selama dosis vaksin masih tersedia.

“Untuk menyeimbangkan pandemi Covid-19, kita memang lagi gempur vaksin bagi warga, kita juga melengkapi vaksinasi untuk hewan yang berpotensi penyakit rabies.” ujarnya.

Irwan menuturkan, dengan diselenggarakannya vaksinasi bagi hewa secara gratis tersebut dapat memberikan keringanan bagi warga dalam mengurus biaya kesehatan hewan peliharaan terutama pada kondisi pandemi Covid-19.

Sementara itu, salah satu pengunjung vaksinasi hewan bernama Ainun, 23 bersama saudarinya Isna, 21, warga Kelurahan Rancaekek Kencana menyampaikan, gebyar Hari Rabies Sedunia merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan