Kegemaran Membaca Buku

Oleh : Ateng Kusnandar Adisaputra

Tokoh dunia banyak yang sukses karena diawali dari membaca buku, meskipun sebelumnya mengalami kegagalan. Tetapi tokoh dunia tersebut tahan ujian, tidak putus asa dan menyerah begitu saja, tetapi belajar dari kegagalan sebelumnya, untuk selanjutnya belajar lagi dan membaca buku lebih banyak lagi guna meraih sukses yang didambakannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Steve Siebold yang dimuat di Business Insider (Review Buku Gramedia.com), mencatat 7 tokoh dunia yang mengawali kesuksesannya dari membaca buku. Mark Zuckerberg, mendirikan Facebook pada tahun 2004, dan menyandang peringkat ke-5 sebagai miliarder dunia menurut Forbes.

Rahasia kesuksesan CEO Facebook ini adalah membaca buku. Zuckerberg membiasakan diri membaca satu buku setiap dua minggu sekali untuk mempelajari hal-hal tentang teknologi, kepercayaan, sejarah, dan kebudayaan. Warren Buffett, sebagai tokoh terkemuka dunia bisnis dan investasi, dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga di dunia tahun 2018 menurut Forbes.

Warren Buffett sebagai CEO Berkshire Hathaway setiap harinya  meluangkan waktu 5-6 jam untuk membaca 5 koran berbeda. Bill Gates, pemilik Microsoft juga memiliki kebiasaan membaca buku, sebanyak 50 buku per tahun. Ini artinya, Bill Gates membaca satu buku setiap minggunya. Oprah Winfrey, merupakan sosok inspirasi lewat acara talk show poluler The Oprah Winfrey Show.

Ternyata, salah satu kebiasaan Queen of All Media ini adalah membaca buku. Oprah Winfrey sadar akan keistimewaan membaca buku yang dianggapnya sebagai jalan menuju kebebasan, dan memiliki klub buku yang diberi nama “Oprah’S Book Club”.

Mark Cuban, pemilik NBA’S Dallas Maverick, yang membiasakan diri untuk membaca setiap hari selama tiga jam. Elon Musk, salah satu pebisnis yang fokus pada bidang teknologi dan ruang angkasa, dan sebagai CEO dari SpaceX, Neuralink, dan Tesla, Inc. Elon Musk menghabiskan waktu sepuluh jam per hari untuk membaca novel bergenre science-fiction. Jeff Bezos, sebagai pendiri e-commerce asal Amerika, juga memiliki kebiasaan membaca buku seperti orang sukses lainnya.

Sejarah mencatat para tokoh yang berjasa di Indonesia adalah kaum muda terpelajar (https://jadiberita.com). Inspirasi dan ide pemikirannya berasal dari buku-buku yang mereka baca. Ir. Soekarno, Presiden RI pertama, beliau gemar membaca sejak muda. Bagi Bung Karno, membaca bisa membuatnya seperti bertemu dengan orang-orang besar dan mendengarkan pemikiran-pemikiran para tokoh di buku yang dibacanya. Kesuksesannya membaca itulah yang mengantarkan Ir. Soekarno sebagai Proklamator.

Tinggalkan Balasan