Kunci Bangun Usaha Menurut Wakil Wali Kota Depok, Pelaku UMKM Harus Paham

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau akrab disapa IBH mengaku tidak mudah bagi seseorang memulai dan mengembangkan sebuah bisnis atau usaha.

Menurutnya, membangun usaha merupakan pekerjaan menantang yang tidak semua orang mampu melakukannya dengan sungguh-sungguh. Ia bahkan menceritakan, tidak sedikit orang yang mencoba memulai sebuah usaha, namun jarang di antara mereka berhasil mempertahankan bisnisnya hingga sukses.

Lanjutnya, meski terbilang sulit, bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan oleh setiap orang. Semua ada caranya sendiri yang perlu dipahami oleh setiap pelaku usaha yang ingin sukses.

Salah satu yang terpenting, kata dia, setiap pelaku usaha harus memiliki mentor usaha. Peran mentor menurut dia sangat penting dalam memberikan bimbingan kepada pelaku usaha, khususnya bagi pemula.

“Orang yang jago silat saja mula-mula dibimbing oleh sang mentor. Dari mentor dia belajar bagaimana melatih gerakan bela diri dengan baik dan benar. Demikian pula seorang pelaku usaha, ia butuh seorang pembimbing untuk mengembangkan usahanya hingga berhasil,” katanya, Jumat (24/9).

Di samping itu, kata dia, modal penting berikutnya yang wajib dikantongi seorang pegiat usaha adalah ilmu kewirausahaan.

“Tanpa memiliki ilmu yang cukup tentang kewirausahaan, seorang pelaku usaha bakal kesulitan bagaimana mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik. Ilmu kewirausahaan ini bisa meliputi pengetahuan tentang produk dan unit usaha, perilaku konsumen, strategi pemasaran dan lain-lain,” ucapnya.

Selanjutnya, lanjut dia, yang tak kalah penting adalah mentalitas. Poin terakhir ini, kata dia, sangat penting sebab menjadi seorang pengusaha tidak boleh cengeng, apalagi takut mengambil risiko.

“Seorang pengusaha yang sukses adalah dia yang berani mengambil risiko dan siap jatuh bangun. Jadi, mentalitas itu penting bagi seorang pengusaha jika ingin sukses,” pungkasnya. (Mg2)

Tinggalkan Balasan