oleh

Masjid Tua Berusia 1930 Terbengkalai, Pangdam III/Slw Minta Segera Direnovasi

CILEGON – Akibat sudah dimakan usia, kondisi masjid Al Hijaz sangat mengkhawatirkan. Tempat Ibadah itu beberapa bagian atapnya bocor. Namun kondisi bangunannya masih sangat kokoh.

Masjid tua itu sejak 1930 sudah dibangun di atas perbukitan. Tepatnya di Kampung Link Sumur Pring RT 02/04 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Melihat nilai sejarahnya, Pangdam III/Siliwangi menginstruksikan kepada prajurit Kodam III/Slw agar tempat ibadah itu direnovasi.

Baca Juga:  Satgas Citarum Harum Sektor 4 Gencar Lakukan Vaksinisasi untuk Kalangan Siswa, Industri dan Masyarakat

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, didampingi para Pejabat Utama Kodam III/Slw dan Komandan Kodim 0623/Cilegon meninjau langsung  proses pengerjaannya yang sudah masuk dalam agenda kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Masjid Al-Hijaj sendiri sudah tidak digunakan untuk ibadah. Sebab, selain usia bangunan sudah tua. Atap bangunan sudah lapuk dimakan usia. Sehingga, dikhawatirkan ambruk.

‘’Jadi ini kita akan perbaiki dulu, kalau sudah bagus kami serahkan pengelolaannya kepada tokoh agama setempat,’’kata Pangdam.

Baca Juga:  Pomdam III/Siliwangi Bangun Tahanan Militer Berteknologi Artificial Intelegence (AI)

Selain kondisi bangunan rusak, ketersediaan sumber air di masjid itu sangat susah. Untuk berwudhu harus berjalan hingga ratusan meter.

Warga kampung untuk memperoleh air bersih menampung air hujan atau mencari sumber mata air yang jaraknya sangat jauh.

Untuk itu, Pandam meminta selain merenovasi masjid akan dibuatkan sumur artesis untuk keperluan masjid dan kebutuhan air bersih untuk warga desa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga