PAMSIMAS Tirta Jamaras Pasok Air Bersih Ratusan Warga Desa Leuwigoong

GARUT – Keberadaan fasilitas Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Tirta Jamaras di Kampung cikenal, Desa Leuwigoong memiliki peran penting bagi untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga desa.

Ustadz Aceng tokoh masyarakat Cikenal menuturkan, PAMSIMAS Tirta Jamaras berbasis sumur artesis. Penampungan air ini dikelola secara mandiri oleh kelompok masyarakat.

Dengan adanya PAMSIMAS Tirta Jamaras masuarakat dapat terpenuhi kebutuhan air bersih,’’jelas Aceng kepada Radargarut.com (Grup Jabarekspres.com), Kamis, (22/9).

Saat ini, airnya sudah memancar cukup besar.Tinggal memasang  paralon ke rumah ratusan keluarga di Kampung Cikenal dan Cijeler.

Untuk memasang paralon ke rumah warga, dibutuhkan biaya. Biayanya dimusyawarahkan dulu oleh Pokmas termasuk biaya energi listrik dan pemeliharaan.

Jika nanti PAMSIMAS Tirta Jamaras beroperasi secara penuh, ratusan keluarga di Kampung Cikenal dan Cijeler kebutuhan air bersihnya dapat terpenuhi.

Selama ini, setiap musim kemarau warga Cikenal dan Cijeler dilanda krisis air bersih karena sumur gali mengering. Krisis air bersih yang dirasakan warga, diharapkan teratasi melalui program PAMSIMAS.

Pembangunan fasilitas PAMSIMAS Tirta Jamaras, dilakukan oleh Kementrian PUPR bersama Pemerinta Desa. (pap/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan