Jelang HJKB, Kelurahan Mekarmulya Tak Akan Gelar Banyak Perlombaan

BANDUNG – Persiapan menjelang Hari Jadi Kota Bandung yang ke-211 nampak ramai di beberapa wilayah. Selain itu, banyak kegiatan yang akan diselenggarakan secara online. Begitu pun di Kelurahan Mekarmulya, pihaknya tidak akan menggelar banyak perlombaan pada 25 September nanti.

“Sebetulnya warga sudah dari minggu-minggu kemarin melaksanakan hias lingkungan termasuk juga memasang umbul-umbul, tetapi kalau bersih-bersih lingkungan baru hari kemarin,” ucap Ellis Suprihatin, Lurah Mekarmulya saat ditemui, Rabu (22/9).

Diakui olehnya, bahwa tahun ini sedikit repot karena tidak ada anggaran khusus untuk perayaan HJKB. Kelurahan Mekarmulya bersama warga melakukan hias lingkungan dengan cara suka rela dan menerima bantuan dari beberapa perusahaan yang terdapat di wilayah tersebut.

Kayak kemarin cat kita dapat sumbangan dari perusahaan dan dipakai warga, karena pandemi jadi dialihkan untuk biaya pemulihan kesehatan saja,” katanya.

Meski begitu, dirinya menyebut masih ada perusahaan yang belum taat ikut memeriahkan HJKB. Hal ini terlihat dengan kurang tertibnya beberapa perusahaan yang masih belum memasang umbul-umbul dan spanduk ucapan selamat. Dia mengaku sudah mengimbau dari jauh hari. Namun katanya memang kepatuhan setiap perusahaan berbeda-beda.

Menurutnya, yang terlihat justru semangat warga ditiap RW yang berbondong-bondong menghias kampung, mulai dari cat pagar, gang hingga tembok. Selain itu, warga juga menata tanaman-tanaman cantik.

“Kalau dulu memang ada lomba-lomba untuk memeriahkan sekarang tidak ada, sama sekali gak boleh jadi hanya peringatan saja. Meski demikian warga tidak boleh merasa patah semangat dan tidak mengurasi substansi dari perayaan tersebut,” ujarnya.

HJKB tahun ini mengusung tema Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi. Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sudah mengimbau kepada masyarakat, meski diperingati saat musim pandemi Covid-19, tetapi tak boleh mengurangi semangat dan kemeriahan hari ulang tahun dan momen bersejarah ini. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan